Teropong Bisnis | Homepage
Mendulang Rupiah Dari Souvenir Kain Perca

Mendulang Rupiah Dari Souvenir Kain Perca

0 Comments 🕔06.Mar 2014

Para penjahit pakaian maupun pusat konveksi biasanya menghasilkan limbah berupa kain perca. Biasanya perca tersebut ada yang dibuang begitu saja, digunakan sebagai lap, atau dapat juga dijual secara kiloan kepada orang – orang yang membutuhkan untuk diolah menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi.

Limbah kain atau yang biasa disebut dengan perca ternyata dapat diubah menjadi produk souvenir kain perca yang memiliki nilai ekonomis. Siapa yang menyangka bahwa usaha dengan bahan baku limbah ternyata mampu mendatangkan uang yang melimpah. Bahkan omzet penjualan produk souvenir dengan kain perca juga tidak kalah dengan jenis usaha lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda jika tertarik untuk terjun ke dalam bisnis perca ini. Walaupun perca biasa disebut dengan kain sisa, tidak berarti bahwa bahan baku yang digunakan ini mempunyai tampilan yang lusuh dan usang. Pasalnya, banyak kain perca yang masih bagus dan memiliki motif – motif unik dan menarik

Namun, tantangan terberat yang harus dihadapi oleh para pebisnis souvenir kain perca adalah tentang proses pemilihan bahan perca mana yang dapat digunakan untuk membuat souvenir. Salah satu hal utama yang wajib diperhatikan soal ukuran kain.

peluang usaha, peluang bisnis, bisnis sampingan, bisnis rumahan, ide bisnis

Usahakan ukuran perca yang akan digunakan tidak terlalu kecil. Ukuran kain setidaknya adalah 10 cm x 15 cm. Dengan ukuran ini, Anda bisa lebih leluasa dalam berkreasi dan membuat bentuk – bentuk yang unik. Bila ukurannya lebih kecil tetap dapat digunakan untuk bagian aksen atau tepi.

Tetapi, kriteria ukuran perca ini ternyata tidak berlaku bagi Anda yang akan memproduksi benda – benda yang ukurannya lebih kecil seperti dompet koin, gantungan kunci, dan kipas. Untuk souvenir kecil seperti ini, Anda masih bisa menggunakan perca yang memiliki ukuran 5 cm x 5 cm.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan bahan perca yang dibutuhkan untuk membuat souvenir? Bahan – bahan perca ini dapat diperoleh dengan berbagai macam cara. Selain dengan mendatangi penjahit baju atau konveksi, ada pula pedagang kain yang memang menjual bahan perca. Harga perca mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kg. Harga ini jauh lebih murah bila dibandingkan harga kain baru yang biasa dijual dengan satuan meter.

Supaya souvenir kain perca yang diolah dari bahan limbah ini terlihat semakin cantik, Anda dapat mengkombinasikan kain perca dengan beberapa jenis aksesori, kain, bahkan teknik jahit. Aksesoris yang dapat digunakan misalnya kancing baju, manik – manik, dan hiasan lainnya.

Para pelaku dalam bisnis souvenir perca juga dapat membidik target pasar yang lebih luas. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui kreativitas dalam mengelola limbah perca sehingga dapat menghasilkan barang – barang yang diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat. Anda bisa memproduksi beberapa barang misalnya tempat tisu, jampel, dan handuk tangan.

peluang usaha, peluang bisnis, bisnis sampingan, bisnis rumahan, ide bisnis

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-mikro/untung-melimpah-dari-kain-perca

BACA JUGA:

Cerah Dan Menyegarkan, Peluang Bisnis Perlengkapan Bayi

Hanya 7,5 Juta, Es Krim Goreng Siap Memberi Keuntungan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *