Teropong Bisnis | Homepage
Memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat untuk Modal Usaha

Memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat untuk Modal Usaha

0 Comments 🕔27.Jul 2013

Bisnis atau usaha tidak dapat dilepaskan dari adanya modal. Bahkan banyak orang menilai bahwa modal adalah sesuatu yang sangat penting, karena tanpa modal, suatu usaha tidak akan dapat berjalan. Meskipun demikian, Anda juga perlu menyadari bahwa modal bukan segala-galanya namun modal memiliki peranan cukup penting dalam sebuah usaha atau bisnis.

Bahkan seringkali modal menjadi penghambat bagi pergerakan usaha dan bahkan usaha bisa saja menjadi tidak berkembang karena minimnya modal untuk mengembangkan usaha tersebut. Hal itu sering terjadi pada usaha kecil bahkan mikro, dan juga usaha menengah. Anda yang memiliki usaha dengan skala kecil maupun menengah pasti mengetahui dengan pasti kondisi tersebut.

Sebetulnya, para pengusaha kecil dan menengah tak perlu ragu dan takut untuk memperoleh modal untuk pengembangan usahanya. Tidak sulit memperoleh pinjaman dari bank untuk pengembangan usaha. Meskipun begitu, masih banyak orang yang kurang paham dan mengerti bagaimana cara memperoleh pinjaman tersebut. Salah satunya adalah layanan yang diberikan oleh bank pemerintah, yaitu Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

Memanfaatkan-Kredit-Usaha-Rakyat-untuk-Modal-Usaha-3

Pengajuan Kredit Usaha Rakyat

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil menengah yang sudah berjalan dengan baik selama beberapa tahun dan mengalami kemajuan yang cukup signifkan, Anda bisa memilih layanan KUR dari bank pemerintah untuk memperoleh modal usaha. Modal tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan usaha itu menjadi lebih besar.

Ada beberapa kelebihan dari KUR ini. Pertama, proses pengajuannya cenderung cepat dan syaratnya yang cukup mudah. Suku bunganya cukup terjangkau dengan jangka waktu yang cukup lama, yakni hingga lima tahunan. Plafon yang diberikan cukup besar, hingga nilai lima ratus juta rupiah.

Proses dan Syarat Pengajuan Kredit Usaha Rakyat

Cara dan syarat unuk pengajuan pinjaman KUR ini pertama adalah usaha tersebut sudah mempunyai prospek dan juga pasar yang jelas. Kedua, melampirkan beberapa surat-surat seperti identitas diri yang berupa Kartu Keluarga, KTP, dan surat nikah. Selain itu juga lampirkan surat-surat untuk legalitas usaha berupa surat izin usaha, bukti dari lokasi usaha, NPWP, serta akta pendirian usaha. Selain lampiran itu, lampirkan juga laporan keuangan usaha Anda untuk dua tahun terakhir ini.

Selain syarat-syarat tersebut, Anda juga harus tidak sedang menggunakan fasilitas yang serupa dari bank lainnya. Kadang, bank juga mensyaratkan agunan pada Anda. Jadi, Anda juga perlu menyertakan bukti kepemilikan dari barang yang akan Anda agunkan tersebut. Kemudian, ajukan semua persyaratan tersebut ke pihak bank, dan tunggu prosesnya.

Biasanya prosesnya berjalan cukup cepat. Setelahnya, pihak bank akan melakukan survei. Jika dinyatakan layak memperoleh kucuran kredit itu, maka tanpa menunggu waktu lama biasanya Anda akan menerima dana dari kredit yang Anda ajukan tersebut setelah pengajuan tersebut disetujui. Memang, syarat dan caranya tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan waktu yang lama, asalkan semua syaratnya sudah siap dan dipenuhi.

Memanfaatkan-Kredit-Usaha-Rakyat-untuk-Modal-Usaha-1

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *