Teropong Bisnis | Homepage
Mantan Dokter Gigi Sukses Dengan Usaha Tas

Mantan Dokter Gigi Sukses Dengan Usaha Tas

0 Comments 🕔15.Mar 2014

Tas merupakan salah satu aksesoris fashion yang banyak digunakan orang. Tina Yani tahu hal itu, dan berhasil memanfaatkannya menjadi tambang emas. Selain itu, Tina juga menyukai dunia fashion sejak kecil, yang bermula saat dia sering membantu usaha konveksi milik ibunya.

Tina merintis usaha tas ini sejak 1988. Sebelumnya, dia bekerja sebagai dokter gigi, setelah lulus dari universitas di Jerman. Dari sini, dapat kita lihat, bahwa menikmati sebuah bidang, merupakan salah satu unsur kesuksesan bisnis yang penting. Tina mengaku lelah dengan pekerjaan dokter gigi, dan beralih ke bidang yang disukainya, fashion.

Modal yang Tina gunakan pada waktu itu sebesar Rp. 10 juta. Jumlah ini cukup besar pada kala itu. Tetapi, memang dia ingin serius menggeluti usaha ini.

Modal ini digunakan untuk membeli bahan tas dari Pasar Tanah Abang dan Mangga Dua. Selain itu, dia juga membeli mesin jahit dan mencari tukang jahit khusus tas dari daerah Bogor dan Bandung. Tina memilih Bogor dan Bandung, karena hasil kerajinan tas daerah ini cukup bagus.

Setelah mendapatkan semua yang dibutuhkan, Tina akhirnya mulai menjalankan usaha tas miliknya. Pesanan pertama datang dari negara tempat dia berkuliah dahulu, Jerman. Dia hanya diminta untuk membuatkan tas untuk menyimpan barang.

peluang usaha, ide bisnis, wirausaha, tas, usaha

Tetapi, untuk membuat sebuah usaha sukses, diperlukan kreativitas dan inovasi. Tina tampaknya sadar akan hal itu dan mulai belajar membuat tas fashion khas miliknya sendiri. Tas-tas ini yang nantinya akan dia beri nama Palomino dan menjadi pembuka pintu kesuksesannya.

Strategi pemasaran produk tas Tina cukup sederhana. Dia hanya menitipkan tas buatannya di beberapa toko di Mangga Dua. Dan, setidaknya, dengan cara ini, dia mendapatkan pemasukan untuk biaya operasional usaha tas miliknya.

Seperti halnya bisnis dan perusahaan lainnya, ada satu titik dimana ada masalah menghadang. Tina sendiri mengalami hal itu saat workshop miliknya terbakar. Kejadian ini merusak 80% bahan baku, perlengkapan dan alat-alat lainnya.

Disini, mental seorang pengusaha sejati diperlukan. Pengusaha sejati, tidak akan pernah mengenal kata menyerah. Hal ini dikarenakan, didalam dunia bisnis, hanya ada 2 kata, yaitu untung dan rugi. Dan, hal itu sangat wajar dan sering terjadi.

Tina pun demikian. Dia tidak menyerah dan mulai dari nol lagi. Tidak disangka, setelah 5 tahun memulai lagi, usahanya benar-benar berkembang. Tina berhasil memasarkan produk tasnya di departement store skala kecil, seperti Cahaya.

Tina akhirnya menemukan sistem pemasaran yang tepat untuk usahanya. Kerjasama dengan departement store ini dirasa cocok, karena jumlah produksi dan pembayaran yang lebih jelas. Sedangkan untuk pesanan perorangan, Tina merasa lebih rumit. Hal ini dikarenakan tiap pemesan mempunyai permintaan yang berbeda.

Saat ini, usaha tas milik Tina berkembang pesar. Palomino berhasil merambah banyak department store terkenal. Dan, jumlah produksi per bulannya mencapai 7.000 buah tas.

 peluang usaha, ide bisnis, wirausaha, tas, usaha

BACA JUGA:

Keuntungan Berlipat dari Bisnis Lulur dan Perlengkapan Spa

Elen dan Usaha Tato Temporer

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *