Teropong Bisnis | Homepage
Manis Dan Segarnya Peluang Usaha Es Dawet

Manis Dan Segarnya Peluang Usaha Es Dawet

0 Comments 🕔08.Feb 2014

Indonesia adalah negara yang terletak di daerah tropis. Oleh karena itu, minuman dingin semacam es dawet banyak dipilih orang Indonesia sebagai pelepas dahaga. Salah satu es dawet yang terkenal adalah es dawet ayu dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Tetapi, kini, es ini sudah melanglang buana sampai ke Medan, Sumatera Utara.

Hal ini terjadi karena kerja keras Citra Puspasari, alumnus Universitas Sumatera Utara (USU) dengan suaminya. Dia menjalankan usaha es dawet ini dengan mana Dawet Cah Mbanjar. Bahkan untuk mengembangkan usaha ini, suami Citra keluar dari pekerjaannya di PBB di Aceh. Dan memang, saat ini dapat dikatakan usaha ini sudah sangat berkembang, dengan omzet Rp. 15 juta per bulan.

Awalnya, Citra dan suami bermitra dengan penjual es dawet yang memang sangat laris. Hal ini dikarenakan es dawet sangat jarang di daerahnya. Dengan modal Rp. 500 ribu, dia dan suami berjualan es dawet keliling.

Semua bahan diperoleh dari penjual es dawet mitra usahanya. Tetapi, setelah satu tahun, Citra dan suami memutuskan untuk berhenti bekerjasama. Mereka membuat es dawet mereka sendiri yang diberi nama Dawet Cah Mbanjar.

Alasan pemakaian nama ini juga dipengaruhi oleh bahan yang mereka gunakan. Untuk es dawetnya, Citra dan suami menggunakan gula kelapa dari Banjar. Menurutnya, gula kelapa dari Banjar lebih bagus dari gula kelapa dari daerah lain.

es dawet, usaha, bisnis, usaha kuliner

Seperti bisnis pada umumnya, ada kendala dan masalah yang Citra dan suami hadapi saat menjalanakan usaha es dawet miliknya.

Mereka masih kesulitan mencari orang untuk bekerja berkeliling berjualan es dawet miliknya. Oleh karena hal ini pula, mereka belum mendapatkan outlet tetap untuk berjualan es dawet. Mereka masih mengandalkan gerobak dorong mereka.

Selain itu, harga gula kelapa yang juga terus naik. Hal ini disebabkan oleh hujan yang turun terus menerus. Hujan menyebabkan petani tidak dapat menyadap getah kelapa. Akhirnya, karena persediaan gula kelapa terbatas, harganya pun beranjak naik.

Hujan juga menjadi musuh utama Citra dan suami saat menjalankan usaha es dawet ini. Pelanggan tentunya enggan minum minuman dingin saat cuaca hujan dan dingin. Oleh karena itu, seringkali, Citra harus membuang produk es dawet buatannya yang tidak laku.

Akan tetapi, Citra mengaku dengan kondisi diatas, dia membuktikan bahwa produknya dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Jadi, hal tersebut dapat menjadi cara promosi ke pelanggan.

Saat ini, Citra sudah mempunyai 20 lebih gerobak beserta pekerjanya. Dari sini, omzet yang didapat Citra dapat mencapai Rp. 15 juta – Rp. 20 juta per bulan. Tetapi, bila cuaca panas dan masa liburan, maka omzet dapat lebih tinggi lagi.

Dari sini Anda dapat melihat, bahwa kejelian melihat peluang usaha dan pantang menyerah menjadi kunci kesuksesan Citra dan usaha es dawet miliknya.

 es dawet, usaha, bisnis, usaha kuliner

BACA JUGA:

Peluang Menggiurkan Bisnis Aksesoris Wanita

Bisnis Kentang Goreng Unik Raup Untung Jutaan Rupiah Perbulan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *