Teropong Bisnis | Homepage
Limbah Kertas Untuk Tujuan Sosial Yang Lebih Besar

Limbah Kertas Untuk Tujuan Sosial Yang Lebih Besar

0 Comments 🕔11.Aug 2014

Banyak orang berpikir, bahwa kesuksesan hanya untuk orang-orang tertentu saja. Pemikiran ini sangatlah salah. Setiap orang mempunyai peluang yang sama untuk meraih kesuksesan. Dalam dunia bisnis, kesuksesan akan datang kepada mereka yang mau memulai usaha.

Ada banyak cara untuk memulai usaha Anda sendiri. Anda tidak perlu mempunyai modal besar atau kemampuan yang sangat spesial. Anda hanya perlu mempunyai kreativitas, determinasi dan keinginan yang kuat untuk berwirausaha dan sukses. Hal inilah yang tampak pada Yayasan Nara Kreatif.

Yayasan ini merupakan salah satu yayasan yang bekerja sama dengan Nutrifood Indonesia. Yayasan ini bergerak dalam bidang lingkungan dengan menggunakan media kegiatan sosial. Salah satu kegiatan yang dilakukan yayasan ini adalah pengolahan limbah kertas. Limbah kertas disini dioleh menjadi produk baru yang mempunyai nilai lebih sehingga dapat dijual.

Ide pendirian yayasan ini berawal dari seseorang bernama Nezatullah Ramadhan (23). Awal mula munculnya ide ini saat dia masih menjadi mahasiswa di Politeknik Negeri Jakarta. Kala itu, dia mempunyai tugas untuk membuat mesin yang dapat memproses bubur kertas.

Dari tugas semasa kuliahnya ini, Nezatullah mempuyai ide untuk memanfaakan limbah kertas menjadi sesuatu yang lebih berguna. Akhirnya, dia menggunakan bahan sisa ini untuk membuat berbagai macam produk. Mulai dari kap lampu, kertas daur ulang hingga tempat tisu, berhasil dia buat dengan cara pengolahan limbah kertas ini.

Nezatullah, yang juga ketua yayasan ini,  mengaku bila Yayasan Nara Kreatif hanya membuat produk berdasarkan pesanan. Produk-produk buatan yayasan ini tidak akan dapat ditemui di toko-toko. Oleh karena itu, produk dari yayasan ini tergolong eksklusif.

Nezatullah sering menawarkan produk-produk buatan yayasannya kepada perusahaan-perusahaan. Biasanya, produk buatannya dijadikan souvenir oleh perusahana-perusahaan tersebut. Untuk harga, seitap produk olahan limbah kertas ini dihargai mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 400.000.

Untuk proses produksi, Nezatullah dibantu oleh 90 orang yang masih dalam binaannya. 7 dari 90 orang yang membantu Nezatullah tinggal di asrama untuk mempermudah pengawasan.

Karena memang tujuan awal pembentukan yayasan ini untuk kepentingan sosial, ada banyak hal yang dilakukan oleh yayasan ini untuk tujuan tersebut. Salah satunya adalah beasiswa. Nezatullah mengatakan sebagian dari pemasukan yayasan ini yang berasal dari penjualan produk limbah kertas tersebut digunakan untuk keperluan ini.

Selain itu, Yayasan Nara Kreatif juga giat untuk membina banyak orang yang tertarik dengan pengolahan limbah kertas. Orang yang tertarik ini tidak dibatasi umur maupun profesinya. Bahkan, salah satu orang yang ikut dalam pembinaan yayasan ini adalah Asep Wildan yang masih berusia 14 tahun.

Dan, proses pengolahan limbah kertas yayasan ini akan dapat membantu mengurangi penebangan pohon akibat kebutuhan kertas yang meningkat. Sehingga, dampak buruk global warming pun dapat teratasi.

3.Limbah Kertas Untuk Tujuan Sosial Yang Lebih Besar 1

Baca Juga :

Piawainya Surani Mengubah Limbah Styrofoam Menjadi Produk Mahal

Limbah Kotak Susu Penghasil Jutaan Rupiah Per Bulan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *