Teropong Bisnis | Homepage
Kulit Sapi Pembawa Keuntungan

Kulit Sapi Pembawa Keuntungan

0 Comments 🕔22.Mar 2014

Bahan kulit dapat dikatakan sebagai bahan premium di dalam dunia bisnis fashion. Selain mempunyai motif yang menarik, bahan kulit juga mempunyai daya tahan yang kuat. Salah satu bahan kulit yang paling populer adalah kulit sapi.

Di dalam bisnis, kreativitas dibutuhkan untuk sukses. Hal ini bila diterapkan pada bahan kulit sapi yang mudah dan banyak didapat, maka akan mendatangkan keuntungan. Contoh nyatanya adalah Nihayatun Nur Eni dan Maulina.

Nihayatun memulai bisnis pengolahan kulit sapi menjadi berbagai produk fashion sejak 2004. Perajin asal Gresik, Jawa Timur ini mengolah kulit sapi menjadi tas, dompet, sandal dan sarung ponsel.

Untuk menarik konsumen, Nihayatun selalu menggunakan gaya dan model terbaru produk fashion buatannya. Hal ini akan memuaskan selera konsumen. Selain itu, dia juga menambah unsur eksklusif pada produk buatannya. Hal ini dilakukan dengan membuat semua produknya dengan tangan atau handmade.

Adanya unsur eksklusif ini membuat nilai produk Nihayatun bertambah. Dan, memang, hal ini tampak dari harga yang dia pasang. Untuk tas, dibanderol dengan harga Rp. 50.000 hingga Rp. 350.000. Untuk dompet, mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 60.000. Bila dihitung berdasarkan bahan baku dan proses produksi, Nihayatun dapat meraih untung yang cukup besar.

peluang usaha, wirasusaha, kulit sapi, keuntungan, tas

Untuk bahan baku, Nihayatun memperoleh kulit sapi yang tersedia cukup melimpah dari daerahnya. Dia menggunakan 300 kg yang dibeli dengan harga Rp. 3 juta. Dari bahan ini, dia dapat memproduksi 300-400 produk.

Dengan membandingkan omzet yang didapat, yang mencapai Rp. 30 juta – Rp. 60 juta per bulan, tentunya modal kecil ini dapat menghasilkan untung yang cukup besar. Keuntungan yang besar ini juga didapat karena Nihayatun hanya mempekerjakan 3 orang karyawan.

Maulina lebih mengkhususkan usahanya untuk produk tas dan dompet kulit sapi. Perempuan asal Yogyakarta ini sudah merintis usahanya ini sejak 2006. Harga yang dia pasang untuk produknya lebih mahal dari Nihayatun. Harga produknya mulai dari Rp. 400 ribu hingga Rp. 700 ribu.

Harga yang lebih mahal ini tampaknya tidak dipermasalahkan oleh konsumennya. Hal ini dikarenakan produk Maulina mempunyai keunikan sendiri, yaitu motif batik yang dia gunakan.

Keunikan juga menjadi salah satu hal penting dalam suksesnya sebuah usaha. Dan, produk dari bahan kulit sapi dengan motif batik, menjadi sangat unik di pasaran.

Maulina mengaku proses pembuatan produknya cukup sulit. Hal ini karena dibutuhkan ketelitian lebih untuk menyatukan motif batik dan kulit sapi, sehingga tampak indah. Meskipun begitu, omzet yang didapat cukup sesuai dengan kerumitan proses produksi. Maulina dapat mengantongi Rp. 60 juta per bulannya.

Dari, kedua pengrajin kulit sapi diatas, ada satu kesamaan yang dapat kita temukan. Kesamaan tersebut adalah kreativitas. Dengan kreativitas, mereka mampu menambah nilai bahan yang murah, yaitu kulit sapi. Hasilnya, menjadi produk layak jual dengan nilai cukup tinggi.

peluang usaha, wirasusaha, kulit sapi, keuntungan, tas

BACA JUGA:

Rumah Kontainer, Alternatif Hunian Dengan Peluang Menggiurkan

Wisatawan Asing Minati Lampu Hias Buatan Anak Negeri

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *