Teropong Bisnis | Homepage
Krisis Ukraina Memanas, Perusahaan Siaga Penuh

Krisis Ukraina Memanas, Perusahaan Siaga Penuh

0 Comments 🕔28.Apr 2014

Tahun kemarin dapat dikatakan sebagai tahun kelam perekonomian global. Hal ini tampak dengan banyaknya masalah yang terjadi, mulai kurs beberapa negara yang melemah, inflasi tinggi dan banyak lagi lainnya. Tahun 2014, dipandang sebagai tahun pemulihan.

Tetapi, Awal tahun ini terjadi satu lagi krisis yang mengguncang dunia. Krisis ini terjadi karena ada perselisihan antara Ukraina dan Rusia mengenai daerah Crimea. Mungkin krisis ini dapat dikategorikan sebagai krisis politik kedua negara. Akan tetapi, dampak yang timbul dari krisis Ukraina ini menyebar sampai ke seluruh dunia.

Karena adanya krisis ini, banyak perusahaan di seluruh dunia memasukkannya dalam business plan yang mereka susun. Perusahaan-perusahaan ini memandang bahwa krisis ini mempunyai faktor resiko untuk bisnis mereka.

krisis ukraina, nilai tukar rupiah, artikel ekonomi, info saham, ukraina

Beberapa perusahaan yang terkena dampak krisis Ukraina seperti yang dilansir Marketwatch adalah:

Caterpillar Inc.

Perusahaan ini terus memperhatikan masalah ini secara khusus. Bila terjadi peningkatan ketegangan atau sanksi perdagangan sudah dijatuhkan, maka akan ada dampak yang terjadi pada perusahaan. Hal ini dapat menurunkan jumlah penjualan dari perusahaan ini.

Memang, situasi politik tidak akan mempengaruhi perusahaan ini secara keseluruhan. Akan tetapi, hal ini akan menjadi perhatian khusus bila ada peningkatan ketegangan antara kedua negara.

United Parcel Service

Menurut CEO United Parcel Service, D. Scott Davis, perusahaannya tidak terlalu berpengaruh. Hal ini juga disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi Eropa yang cukup pesat. Akan tetapi, menurutnya, bila krisis Ukraina ini semakin parah, hal ini dapat memperlambat pertumbuhan perusahaan dan ekonomi.

Monsanto Co

Menurut CEO Monsanto, Brett Begemann, pihaknya tidak dapat memprediksi yang terjadi di krisis Ukraina. Dampak yang bisa diakibatkan krisis ini memang belum tampak untuk perusahaan ini. Tetapi, hal ini dipersiapkan, bila terjadi sesuatu hal di masa mendatang.

Citigroup Inc

Menurut CEO Citigroup Michael Corbat, krisis Ukraina menjadi salah satu hal yang pihaknya perhatikan. Perusahaan ini menganggap bahwa krisis ini dapat membuat kondisi pasar memburuk yang tentunya mempengaruhi perusahaan ini.

Martell Cognac

Menurut CEO Martell Cognac, Pierre Pringuet, perusahaan telah melihat situasi yang terjadi akibat krisis Ukraina ini. Meskipun terjadi krisis, di Rusia terjadi peningkatan pada tahun buku terkahir bulan Juni lalu, yaitu sebesar 4 persen. Meskipun ada peningkatan, akan tetapi tidak sebesar tahun sebelumnya yang mencapai 17 persen.

Sedangkan untuk Ukraina, panasnya suhu politik negara ini mempengaruhi penjualan secara langsung. Penjualan perusahaan ini di negara ini mengalami penurunan.

Krisis yang terjadi di Ukraina dan Rusia memang sangat mempengaruhi dunia global. Hal ini dikarenakan pasar saham Rusia merupakan salah satu pasar saham terbesar di dunia. Banyaknya perusahaan yang menyimpan dana mereka di pasar saham ini, membuat krisis Ukraina akan memberi dampak langsung.

krisis ukraina, nilai tukar rupiah, artikel ekonomi, info saham, ukraina

BACA JUGA:

Pameran Di Jeddah Jadi Jalan Meningkatkan Ekspor Nonmigas

Kisah Ferdi Hasan, OJK dan Penipuan Investasi

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *