Teropong Bisnis | Homepage
Kiat Raih Sukses Bisnis UKM

Kiat Raih Sukses Bisnis UKM

0 Comments 🕔21.Apr 2013

Kini cukup banyak orang yang sedang mencoba mencari peruntungan melalui bisnis UKM  baik yang berskala kecil maupun menengah. Para pelaku bisnis UKM ini cukup variatif. Ada diantara mereka yang memang benar-benar seorang pengusaha dan ada juga di antara mereka yang bukanlah pengusaha melainkan hanya karyawan atau ibu rumah tangga yang ‘menyambi’ menjadi pengusaha baru. Salah satu faktor pendorong berkembangnya jumlah bisnis UKM di Indonesia adalah modal bisnis yang tidak terlalu besar serga skala bisnis yang terbatas.

Kedua faktor di atas bisa saja menciptakan kemungkinan bahwa bisnis-bisnis UKM kelak bisa jauh lebih besar dan sukses. Namun bagi Anda yang berminat ingin merintis bisnis UKM, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda. berikut terdapat beberapa kiat raih sukses menjalankan bisnis UKM.

Kiat 1: Business Plan

Kiat raih sukses menjalankan bisnis UKM yang pertama adalah mulai membuat business plan. Business plan ini memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan bisnis UKM Anda yang baru saja Anda rilis. Seringkali banyak pelaku bisnis UKM yang lalai karena mereka menilai bahwa bisnis yang sedang mereka jalankan hanyalah bisnis yang berskala kecil. Ada juga pelaku bisnis UKM yang berpendapat bahwa membuat business plan adalah kegiatan yang cukup merepotkan dan membuang waktu mereka. Di sisi lain, tanpa adanya business plan yang baik, mereka hanya mengandalkan ‘usaha coba-coba’ yang cenderung akan merugikan mereka karena mereka hanya membuat waktu, tenaga, dan biaya saja dalam menjalankan bisnis kecil atau menengah.

Ada banyak keuntungan yang akan Anda raih jika Anda memiliki serta mengaplikasikan business plan Anda. sebut saja banyaknya relasi bisnis yang bisa Anda temukan melalui join dengan komunitas bisnis tertentu. Dari komunitas tersebut Anda akan mendalami lebih jauh seputar kompetisi berbisnis, lokasi bisnis yang bagus, cara pemasaran produk, pelaku, pelaksanaan, dan struktur bisnis yang baik, production plan, target dalam jangka pendek, menengah, dan panjang, serta masih banyak keuntungan lainnya.

Kiat 2: Pelaksanaan Bisnis yang Terstandardisasi

Kiat raih sukses yang kedua adalah soal pelaksanaan bisnis yang terstandardisasi. Lihat saja contoh bisnis Starbucks yang kini sangat popular di hampir seluruh dunia. Produk Starbucks yang Anda nikmati di Jakarta memiliki aroma dan rasa yang sama dengan produk Starbucks di negara asalnya, AS. Hal ini menunjukan bahwa perushaan menerapkan standardisasi terutama dalam hal kualitas produk yang ditawarkan pada konsumen.

Untuk memiliki standardisasi, sebuah perusahaan wajib memerlukan Standard Operating Procedure (SOP) yang mencakup sistem manajemen, keuangan, hingga ke pelayanan pada pelanggan. Bisnis kecil atau menengah seperti kepunyaan Anda sebenarnya jauh lebih mudah dalam menerapkan SOP yang Anda  buat. Cukup tetap menjaga kepercayaan 3-5 pelanggan saja agar ketiga atau kelima pelanggan setia Anda menjadi pihak ‘promotor’ Anda.

Kiat 3: Promosi dan Penjualan

Kiat yang ketiga adalah perihal promosi dan penjualan produk yang Anda tawarkan pada konsumen. Di zaman yang serba canggih dan modern ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi internet untuk dijadikan sebagai media promosi secara online. Selain praktis, cepat, dan mudah, cakupannya pun jauh lebih luas dan mendunia.

Gambar: daboribo.com

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *