Teropong Bisnis | Homepage
Keuntungan Menjalankan Bisnis Budidaya Porang

Keuntungan Menjalankan Bisnis Budidaya Porang

1 Comment 🕔03.Feb 2014

Ada beberapa jenis bisnis yang berhubungan dengan pertanian dan kehutanan yang bisa Anda lakoni. Contohnya, Anda bisa mencoba bisnis budidaya porang. Bisnis budidaya tumbuhan dengan nama ilmiah Amorphopallus Oncophillus ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki lahan yang luas. Porang sangat mudah dibudidayakan dan dapat tumbuh subur di hutan-hutan tropis di Indonesia.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah bisnis budidaya porang memiliki prospek yang cerah ke depan. Harijadi salah seorang pembudidaya porang mengatakan bahwa bisnis ini akan semakin cerah di masa depan. Pasalnya, sudah banyak buyer yang menanti porang baik produk yang masih basah maupun yang sudah diiris tipis dan dikeringkan atau sering disebut chips.

Selain itu, banyak pula pabrik tepung porang yang siap menjalin kerjasama dengan para pembudidaya porang. Belum lagi prospek dijual keluar negeri yang juga semakin besar karena porang sangat diminati oleh negara-negara maju seperti Jepang dan berbagai negara di Eropa. Industri kesehatan merupakan salah satu industri yang sangat bergantung dengan ketersediaan porang.

Jika dilihat dari sisi tanamannya sendiri, porang memiliki tingkat panen yang cukup tinggi. Dalam satu pohon saja, berat umbi porang dapat mencapai 5kg. 1 kg porang basah saja sudah dihargai Rp. 3000 oleh pabrik. Bahkan, harga porang yang sudah diproses menjadi chips bisa lebih tinggi lagi yaitu sekitar Rp. 22.000.

budidaya porang, bisnis, usaha, peluang usaha

Cara budidaya yang sangat mudah menjadikan pebisnis melirik bisnis budidaya tanaman ini. Sistem penanaman porang memang harus Anda perhatikan benar-benar agar panen maksimal. Anda bisa menanamnya dengan sistem perkembangbiakan dengan katak. Anda juga bisa menanamnya dengan sistem biji atau buah porang.

Terakhir, Anda juga bisa membudidayakan porang dengan umbi. Banyak dari pembudidaya porang membudidayakan tanaman ini dengan sistem umbi karena keberhasilannya sangat tinggi bahkan mencapai 100%. Salah satu kendala membudidayakan porang dengan umbi adalah karena harga umbi yang masih tinggi yaitu sekitar Rp. 2.000 per biji.

Lebih jauh lagi, bisnis budidaya porang juga tidak akan merusak fungsi hutan. Salah satu tips keberhasilan bisnis ini adalah berilah tanaman tersebut pupuk sebanyak 2 kali dalam 7 bulan. Gunakan pupuk organik sehingga kualitas tanah akan tetap bagus. Lakukan penanaman pada musim hujan karena akan sangat membantu proses penyiraman.

Kendala masa tanam tidak terlalu serius dan masih bisa diatasi. Hanya saja, karena tanaman ini belum dikembangkan secara maksimal maka ketersediaan bibit porang juga masih sangat terbatas. Biasanya, petani kesulitan mencari umbi porang untuk dibudidayakan, jika ada harga per umbinya masih tinggi.

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis yang berhubungan dengan tanaman, Anda bisa mencoba menjalankan bisnis budidaya porang. Pelajari semua mengenai porang kemudian praktekkan dalam bisnis Anda sendiri sehingga hasilnya lebih maksimal.

budidaya porang, bisnis, usaha, peluang usaha

BACA JUGA:

Prospek Bisnis Udang Windu

Penangkaran Si Kuning Berprospek Cerah

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

1 Comments

  1. 🕔 12:43, 11.Feb 2014

    mohamad slamet

    tau alamat perusahaan yang membeli porang gak gan?, Mohon informasi

    reply comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *