Teropong Bisnis | Homepage
Ketahui Komponen Rencana Bisnis agar Bisnis Berjalan Lancar

Ketahui Komponen Rencana Bisnis agar Bisnis Berjalan Lancar

0 Comments 🕔14.Mar 2014

Mempersiapkan bisnis tidak segampang kelihatannya. Faktanya, persiapan bisnis sama rumitnya dengan saat menjalankannya. Tapi hal tersebut bisa diatasi dengan adanya rencana bisnis yang matang. Untuk itu, Anda harus menyusun rencana bisnis terlebih dahulu.

Ada beberapa komponen rencana bisnis yang harus Anda ketahui. Jika komponen tersebut bisa Anda masukkan dengan benar maka persiapan bisnis akan semakin baik dan lebih mudah. Lebih lanjut lagi, Anda tidak perlu membuat rencana bisnis yang terlalu rumit.

Untuk tahap awal Anda bisa membuat rencana bisnis secara sederhana namun tetap berdampak pada bisnis yang sedang Anda persiapkan. Dalam hal ini, komponen rencana bisnis harus mencakup ulasan deskripsi bisnis.

Ulasan tersebut berisi penjelasan singkat mengenai bidang bisnis yang sedang Anda persiapkan. Selain penjelasan singkat, Anda harus menuliskan pula potensi produk Anda baik untuk masa kini dan masa yang akan datang.

Jangan lupa untuk memasukkan informasi mengenai peluang pasar termasuk pengembangan produk agar bisa bertahan dengan kemajuan pasar yang ada. Selain ulasan deskripsi bisnis yang sedang Anda persiapkan, Anda juga harus memasukkan penjelasan mengenai strategi pemasaran.

ide bisnis, peluang usaha, wirausaha, business plan, rencana bisnis

Secara spesifik, penjelasan mengenai strategi pasar merupakan hasil analisa pasar dan sudah dianalisa dengan cermat. Walaupun sepertinya rumit, Anda tidak boleh meremehkan penjelasan ini. Strategi pemasaran sangat erat kaitannya dengan pasar sehingga target penjualan juga bisa ditentukan dengan mudah.

Dua hal tersebut masih belum sempurna tanpa adanya informasi mengenai analisa pesaing. Komponen yang satu ini juga sangat penting khususnya untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Setidaknya, Anda mengetahui gambaran pesaing yang memang bergerak dalam bidang yang sama. Dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan pesaing maka Anda dapat menyiapkan strategi yang berbeda dengan pesaing Anda tersebut.

Dengan mengetahui kelemahan pesaing maka Anda juga bisa melakukan pengembangan sehingga produk yang Anda pasarkan lebih baik dan diminati oleh pembeli. Terkait dengan analisa di atas, Anda juga memasukkan rencana desain dan pengembangan dalam rencana bisnis ini.

Komponen ini berguna untuk menunjukkan tahap perencanaan produk dalam konteks produksi dan penjualan. selain itu, Anda juga akan mengetahui rencana anggaran dan biaya produksi yang sesuai dengan bisnis yang sedang Anda persiapkan.

Jangan lupakan rencana operasional dan manajemen dalam komponen rencana bisnis Anda. Komponen yang satu ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bisnis yang Anda persiapkan ini akan berjalan dan berkelanjutan.

Jelaskan mengenai kebutuhan logistik perusahaan. Tentunya, Anda harus mencantumkan komponen pembiayaan sangat berguna untuk mengetahui pengaturan anggaran yang efisien untuk memaksimalkan biaya operasional perusahaan.

Komponen terakhir adalah kesimpulan dari bisnis yang Anda jalankan. Jelaskan perkiraan waktu persiapkan dan hal penting lainnya yang memang mendukung bisnis Anda. Dengan adanya penjelasan rencana bisnis yang benar maka bisnis dapat dipersiapkan dengan baik dan lebih matang sebelum dijalankan.

ide bisnis, peluang usaha, wirausaha, business plan, rencana bisnis

BACA JUGA:

Baju Batik Anak, Menggiurkan untuk Digeluti

Kurir ASI Semakin Mendapat Tempat Di Hati Ibu

Similar Articles

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan?

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan? 0

Peluang usaha produk-produk kerajinan dan kreatif saat ini terbilang sangat menjanjikan. Bila Anda khawatir dengan

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh? 0

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu... pokoknya having

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa 0

Bisnis kerajinan merupakan peluang bisnis yang berpeluang besar untuk tembus pasar internasional. Jawa Tengah memang terkenal dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *