Teropong Bisnis | Homepage
Kemitraan Bisnis Komik, Menarik dan Menguntungkan

Kemitraan Bisnis Komik, Menarik dan Menguntungkan

0 Comments 🕔15.Mar 2014

Membaca menjadi salah satu kegiatan pelepas stress yang banyak dilakukan orang. Dan, bacaan ringan, seperti komik dan novel menjadi salah satu pilihan populer masyarakat Indonesia. Bila Anda mau memanfaatkan hal ini, maka hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang bagus.

Seperti halnya tawaran kemitraan dari PT Elex Media Computindo. Salah satu anak perusahaan Kelompok Penerbit Gramedia ini menawarkan kemitraan untuk bisnis komik, dengan nama Elex Comic Center.

Tawaran kemitraan ini sebenarnya sudah ada sejak 2008. Menurut Isa Nursamsu, Non Reguler Channel Development Elex Media Competindo, saat ini sudah ada 26 toko cabang Elex Comic Center di 12 kota dan 7 propinsi di Indonesia. 3 diantaranya dimiliki pusat, yaitu cabang Cibinong, Meruya dan pekalongan.

peluang usaha, ide bisnis, kemitraan, komik, wirausaha

Meskipun nama toko buku ini Elex Comic Center, buku yang ditawarkan disini bukan hanya komik. Banyak jenis buku, mulai dari novel, buku pengetahuan dan lainnya dapat di temukan disini. Selain menjual buku, toko ini juga menyewakan buku.

Paket kemitraan yang ditawarkan peruashaan ini bermacam-macam. Nilai investasi tergantung pada lokasi usaha sang mitra.

Untuk mitra dari Pulau Jawa, investasi yang diperlukan adalah Rp. 15 juta. Sedangkan untuk daerah Sumatera, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, nilai investasi yang diperlukan Rp. 20 juta. Daerah selain daerah-daerah tersebut, nilai investasi yang perlu disediakan sebesar Rp. 25 juta.

Mitra akan mendapatkan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Contohnya, pasokan buku, sistem operasional outlet, promosi dan pelatihan. Akan tetapi, untuk tempat, furnitur, komputer dan perlengkapan toko, disediakan sendiri oleh mitra.

Lokasi bisnis komik bebas ditentukan oleh mitra. Akan tetapi, bila mitra ingin menggunakan lokasi di ruko, luas lokasi minimal adalah 80 meter persegi. Sedangkan untuk mall, luas lokasi yang perlu disediakan mitra minimal 40 meter persegi.

Omzet yang didapat mitra dapat mencapai Rp. 30 juta per bulan. Pembagian keuntungan untuk penjualan buku adalah 70% untuk pusat, dan sisanya untuk mitra. Memang, terlihat tidak adil, tetapi, semua buku yang dijual mitra adalah titipan dari pusat. Jadi, nilai ini cukup wajar.

Mitra mendapatkan keuntungan penuh dari penyewaan buku. Jadi, 100% pemasukan dari penyewaan buku masuk ke kantong mitra. Dengan pembagian dan omzet yang didapat, maka mitra akan dapat balik modal dalam 2,5 tahun. Perhitungan ini sudah termasuk biaya operasional.

Seperti paket kemitraan pada umumnya, Anda harus melihat kondisi perusahaan sebelum membeli tawaran kemitraan tersebut. Dan, bila melihat perusahaan ini, dengan pengalaman dan lama waktu berjalannya, dapat dikatakan penawaran ini cukup menjanjikan. Bila Anda mampu mengelola kemitraan bisnis komik ini secara tepat, maka bukan tidak mungkin, bila Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

peluang usaha, ide bisnis, kemitraan, komik, wirausaha

BACA JUGA:

Bisnis Es Teler Baru dengan Peluang Cukup Segar

Bisnis Waralaba, Cara Pintas untuk Sukses

Similar Articles

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok 0

Saat ini tawaran kemitraan mi kian menjamur. Salah satu pelaku usaha yang cukup gencar menawarkan

Usaha Kuliner Waralaba Unik

Usaha Kuliner Waralaba Unik 0

Usaha kuliner selalu dapat menjadi pilihan utama, bagi Anda yang ingin mencoba merintis atau menjalankan usaha

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay 0

Camilan siomay walaupun sudah alam ada di dalam negeri, tetapi tawarannya masih tetap saja bermunculan.

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend 0

Memang peluang usaha minuman dingin selalu menyegarkan. Ice blend merupakan salah satu jenis minuman dingin yang sudah

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas 0

Bakso telah menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Walaupun persaingan usaha kuliner sudah sangat sengit, tetapi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *