Teropong Bisnis | Homepage
Kakao, Si Manis dengan Peluang Menggairahkan

Kakao, Si Manis dengan Peluang Menggairahkan

0 Comments 🕔25.Aug 2014

Anda menyukai cokelat? Akan ada kemungkinan besar, bila Anda, sama seperti orang lain, menyukai makanan manis ini. Tetapi, tahukah Anda bahan dasar dari cokelat ini? Bahan dasar dari cokelat ini adalah kakao.

Kakao tidak hanya menjadi bahan dari salah satu makanan yang disukai banyak orang. Kakao juga dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Bisnis kakao pada dasarnya berlangsung sepanjang tahun. Hal ini dikarenakan, pohon kakao dapat berbuah sepanjang tahun dan segala musim.

Menurut Ujar Wijianto, petani kakao asal Desa Segulung, Dagangan, Madiun, cokelat sangat dibutuhkan saat ini. Bukan hanya sebagai makanan, tetapi juga untuk obat dan kosmetik. Indonesia sendiri mempunyai tanah dan iklim yang sangat cocok untuk pohon kakao. Oleh karena itu, budidaya kakao berkembang pesat di tanah air, contohnya di kaki gunung Wilis.

Wijianto mengungkapkan masyarakat dagangan menggunakan sistem variasi pada lahan kakao mereka. Selain kakao, mereka juga menanami lahan mereka dengan cengkeh. Cengkeh dapat dipanen sekali dalam setahun, sedangkan kakao dapat dipanen setiap hari, setelah pohon berumur 3 tahun.

Pohon cengkeh juga menjadi pohon tegakan atau pelindung dari pohon kakao. Sebenarnya, selain cengkeh juga dapat digunakan tanaman lainnya, seperti pohon lamptoro, albasia dan lainnya. Kakao sangat tepat dibudidayakan di daerah perbukitan yang mempunyai intensitas sinar matahari yang rendah. Bila kakao mendapatkan terlalu banyak sinar matahari, maka tanaman ini dapat mengecil dan mati.

Budidaya kakao tidak terlalu sulit. Pertama dipersiapkan lahan dan lubang yang sudah diberi pupuk. Lalu, benih kakao ditanam di dalam lubang tersebut. Lalu, secara berkala tiap 6 bulan hingga 24 bulan, diberikan pupuk tambahan, pemangkasan dan lainnya.

Setelah 3 tahun, pohon kakao dapat berbuah cukup lebat. Artinya, pohon ini siap untuk dipanen. Buah kakao yang sudah dipanen biasanya dikelompokkan berdasarkan kematangannya. Setelah itu, buah dipecah untuk diambil bijinya dan biji ini yang akan diolah menjadi cokelat.

Wijianto menjelaskan untuk membuat biji kakao ini bermanfaat dan layak jual, maka diperlukan proses fermentasi yang baik. Setelah melalui proses fermentasi, biji kakao siap untuk dijual.

Wijianto mengungkapkan dulu pernah ada program pembuatan Nata de Kakao yang menggunakan lendir biji kakao. Ada pula program pakan ternak dari kulit buah kakao. Tetapi, karena kurang perhatian dari Pemerintah, program ini tidak dapat berjalan dengan baik dan dihentikan.

Pemasaran biji kakao kering tidaklah terlalu sulit. Wijianto memandang peluang biji kakao di masa mendatang lebih baik daripada cengkeh. Hal ini dikarenakan permintaan cengkeh akan menurun, bila Pemerintah sudah mengesahkan kebijakan mengenai pembatasan rokok. Bila hal ini terjadi, maka permintaan biji kakao akan meningkat.

Harga biji kakao saat dijual dapat mencapai Rp. 20 ribu hingga Rp. 25 ribu per kg. Karena peluangnya yang bagus, banyak pengepul yang mau bekerja sama dengan para petani, bahkan membuat kontrak eksklusif.

3.Kakao, Si Manis dengan Peluang Menggairahkan 2

Baca Juga :

Peluang Bisnis Menggiurkan Bagi Wanita

Menilik Peluang Menggiurkan Bisnis Salon Pria

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *