Teropong Bisnis | Homepage
Ikan Berkumis Pembawa Keuntungan

Ikan Berkumis Pembawa Keuntungan

0 Comments 🕔19.Mar 2014

Lele dapat dikatakan sebagai salah satu ikan untuk lauk favorit orang Indonesia. Anda dapat melihatnya dengan semakin banyaknya warung dan restoran yang menyajikan menu dari ikan ini. Oleh karena itu, peluang usaha budidaya ikan berkumis ini sangat menjanjikan.

Fauzan Hangriawan adalah salah satu contohnya. Berawal dari ketertarikan memelihara ikan dan juga hobinya berbisnis, dia kini menjadi jutawan dari usaha lele Sangkuriang miliknya. Sylva Farm Bangun Bangsa miliknya berhasil menghasilkan ratusan juta per bulan dari usaha lele ini.

Awalnya, Fauzan hanya menggunakan modal Rp. 1,5 juta untuk membeli 1.000 bibit lele. Dia mulai membudidayakan ikan berkumis ini di kolam terpal di belakang rumahnya. Hasilnya, gagal total. Hanya 40% bibit lele miliknya bertahan hidup, sisanya mati.

Tetapi, saat panen, 3 bulan kemudian, Fauzan mendapatkan hasil yang menggembirakan. 40 kg lele siap untuk dipasarkan. Dari sini, Fauzan memandang bisnis ini sangat menjanjikan.

Belajar dari kesalahan, Fauzan mulai mencari informasi lebih banyak mengenai budidaya ikan berkumis ini. Dia berguru pada Nasrudin, petani lele Sangkuriang di daerah Bogor. Selain itu, Fauzan juga mencari informasi dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar, Sukabumi.

peluang usaha, ide bisnis, lele, ternak, ikan

Fauzan akhirnya menemukan cara terbaik membudidayakan lele Sangkuriang. Bukan hanya lele budidayanya lebih tahan penyakit, tetapi waktu panen juga menjadi lebih cepat. Bila awalnya dia hanya panen tiap 3 bulan sekali, setelah belajar, panen dapat dilakukan 2 bulan sekali.

Untuk mengembangkan usaha ikan berkumis ini, Fauzan mengajak petani sekitar Bogor. Ada 30 petani yang bekerjasama dengannya. Dari sini, dia berhasil memproduksi 600.000 ekor bibit lele per bulan. Dan, untuk lele siap konsumsi, Sylva Farm miliknya dapat memproduksi 3-4 kuintal lele per harinya.

Harga bibit lele dipengaruhi oleh ukuran bibit. Untuk bibit berukuran 5-6 cm, dihargai Rp. 160 per bibit dan 7-8 cm Rp. 200 per bibit. Sedangkan lele siap konsumsi, dihargai Rp. 17.000 per kg.

Pemasaran lele budidaya Fauzan sudah sampai ke luar negeri. Selain Indonesia, Bangladesh dan Malaysia juga menjadi negara tujuan pemasaran produk budidayanya. Dari usahanya ini, Fauzan mampu mengantongi Rp. 200 juta per bulan.

Usaha ikan berkumis Fauzan ini bukannya tanpa halangan. Fauzan harus menghadapi hujan, yang dapat mengubah kadar keasaman kolam budidayanya. Berubahnya kadar keasaman ini akan mengakibatkan lele mati.

Selain itu, terbatasnya lahan di Jakarta juga menjadi salah satu masalah. Untuk masalah ini, lulusan Fakultas Hukum Universitas Atmajaya, Jakarta ini memindahkan kolamnya di daerah Bogor.

Untuk rencana ke depan, Fauzan ingin menerapkan teknologi bioflok untuk usaha budidayanya. Teknologi ini dapat meningkatkan produksi hingga empat kali lipat.

Dan, Fauzan juga berencana akan merambah ke bisnis lele olahan, yaitu sarden lele, saat usahanya mampu memproduksi 5-10 ton lele per harinya. Berkat usaha kerasnya ini, Fauzan berhasil memperoleh penghargaan, yaitu juara pertama Wirausaha Muda Mandiri  2010 dan Wirausaha Sukses dari Kementerian Koperasi dan UKM.

peluang usaha, ide bisnis, lele, ternak, ikan

BACA JUGA:

Cantiknya Peluang Bisnis Salon Muslimah

Baju Batik Anak, Menggiurkan untuk Digeluti

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *