Teropong Bisnis | Homepage
Dibalik Usaha Penyewaan Peralatan Berkemah, Ada Segunung Untung Siap Didaki

Dibalik Usaha Penyewaan Peralatan Berkemah, Ada Segunung Untung Siap Didaki

0 Comments 🕔08.Mar 2014

Ada banyak cara untuk menikmati alam Indonesia. Salah satunya adalah mendaki dan berkemah. Untuk melakukan kegiatan ini, diperlukan peralatan yang lengkap. Anda perlu membawa tenda, kantong tidur, matras dan lainnya.

Sayangnya, harga peralatan berkemah ini cukup mahal. Dan, kegiatan ini pun jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Dari hal ini, dapat ditangkap suatu peluang bisnis yang bagus. Oleh karena itu, sekarang ini banyak bermunculan usaha penyewaan peralatan berkemah.

Deni Ramadhani adalah salah satu pemilik usaha penyewaan peralatan berkemah. Usahanya dia jalankan bersama Fahmi dan Iman sejak 2010. Dia memberi nama usaha penyewaan peralatan berkemah ini dengan nama Volcano Outdoor.

Awal mula Deni dan kedua temannya mendapatkan ide ini, karena pengalaman mereka. Deni dan kedua temannya adalah pecinta kegiatan mendaki gunung dan berkemah. Dari pengalaman mereka, mereka tahu satu masalah yang dihadapi oleh banyak mahasiswa yang menyukai kegiatan ini. Masalah tersebut adalah harga peralatan yang mahal.

usaha, wirausaha, alat berkemah, penyewaan, sewa alat berkemah, kemah

Dari sini, Deni, Fahmi dan Iman memutuskan untuk mendirikan usaha penyewaan peralatan berkemah. Mereka membeli semua peralatan yang dibutuhkan dengan cara mencicil. Hal ini dilakukan karena kurangnya modal untuk memulai usaha ini.

Setelah semua peralatan yang dibutuhkan sudah didapat, promosi mulai dilakukan. Selain dengan promosi dari mulut ke mulut antara kelompok pecinta alam, mereka juga menggunakan media online. Salah satunya adalah membangun website Volcano-Outdoor.com.

Deni dan kawan-kawan membidik mahasiswa sebagai target pasar mereka. Oleh karena itu, mereka memilih lokasi di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan dekat dengan beberapa kampus. Dan rupanya, lokasi yang dipilih sangat tepat. Mereka mendapatkan banyak pesanan sewa peralatan berkemah dan mendaki gunung.

Untuk menyewa, pelanggan harus mengisi formulir dan  meninggalkan KTP sebagai jaminan. Selain itu, harga yang Deni dan kawan-kawan tawarkan juga cukup terjangkau. Contohnya, Rp. 7.000 untuk matras dan Rp. 700.000 untuk tenda pleton. Harga ini bervariasi tergantung peralatan dan juga lama masa penyewaan dalam hari.

Deni mengungkapkan bahwa tenda dome dan kantong tidur adalah peralatan yang paling sering disewa. Hal ini wajar, karena peralatan jenis ini merupakan peralatan yang berharga termahal diantara peralatan jenis lainnya. Dari usahanya ini, omzet yang didapat cukup besar, yaitu Rp. 15 juta sampai Rp. 20 juta per bulan.

Peluang usaha penyewaan peralatan berkemah dan mendaki ini cukup bagus. Salah satu penyebabnya adalah semakin meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan kegiatan pecinta alam ini.

Deni mengaku, dia dan teman-temannya menjalankan bisnis ini karena mereka menyukainya. Hal ini dikarenakan mendaki gunung sudah menjadi hobi mereka. Oleh karena itu, sering diadakan kegiatan mendaki gunung untuk pemula. Mereka mengaku, bila kegiatan ini tidak hanya mendatangkan untung, tetapi juga menambah teman.

usaha, wirausaha, alat berkemah, penyewaan, sewa alat berkemah, kemah

BACA JUGA:

Menggapai Sukses Melalui Bisnis Makanan Sehat

Rahasia Dibalik Bisnis Oleh-Oleh

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *