Teropong Bisnis | Homepage
Dengan Keripik Unik, 15 Juta Per Bulan Masuk Ke Kantong

Dengan Keripik Unik, 15 Juta Per Bulan Masuk Ke Kantong

0 Comments 🕔12.Mar 2014

Kreativitas dan inovasi memang dibutuhkan dalam bisnis. Hal ini juga yang dilakukan oleh Sri Lestari Murdaningsih, warga Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Prambanan. Bila daun singkong pada umumnya dimasak untuk sayur, dia mengolahnya menjadi keripik unik.

Selain daun singkong, Sri juga mengolah daun bayam, daun pepaya, daun sirih bahkan daun kemangi menjadi keripik. Bukan hanya daun-daunan. Dia juga mengolah jamur dan bonggol pisang menjadi keripik unik.

Ide awal berasal dari lomba pemanfaatan tanaman lingkungan hidup di kelurahan tempat dia tinggal. Sri lalu mencoba memanfaatkan daun singkong yang banyak tumbuh di sekitar rumahnya.

Usaha ini sudah dirintis sejak 10 tahun yang lalu. Dan, produk utama buatan Sri adalah keripik daun singkong. Ide keripik daun sirih dan kemangi baru didapatnya dan dibuatnya 5 tahun yang lalu.

Modal awal yang digunakan hanya Rp. 500.000. Tetapi karena kreativitas dan keunikan produk buatan Sri, usahanya menjadi berkembang. Kini, dia dapat mengantongi Rp. 15 juta per bulan.

ide usaha, peluang bisnis, wirausaha, keripik unik, usaha kecil menengah

Akan tetapi, yang membuat usaha Sri sukses, bukan hanya keripik unik buatannya. Tetapi, Sri mempunyai konsep unik untuk produknya. Dia ingin membuat produk yang berkhasiat untuk kesehatan.

Dari konsep uniknya ini, lahirlah beberapa produk andalannya, seperti keripik daun sirih dan kemangi. Menurut Sri, keripik daun sirih baik untuk kesehatan wanita. Sedangkan keripik daun kemangi, baik untuk menghilangkan bau badan.

Untuk membuat keripik unik ini, Sri membutuhkan 45 kg daun-daunan per harinya. Dia dibantu oleh 5 orang pekerja untuk menjalankan usahanya ini.

Proses pembuatannya juga cukup mudah. Bahan daun hanya direbus, diperas airnya, kecuali untuk daun sirih yang hanya diangin-anginkan. Setelah itu, daun dicampur tepung beras dan bumbu, dan digoreng di minyak yang panas.

Untuk harga, Sri mematok harga yang cukup terjangkau. Untuk keripik daun singkong dan bayam, dia jual Rp. 25.000 per kilogram. Sedangkan untuk keripik daun sirih dan kemangi, dia jual Rp. 30.000 per kilogram.

Daerah pemasaran usaha keripik unik ini cukup luas. Sri mengaku sudah memasarkan produknya ke daerah Bantul, Klaten, Solo, Jepara, Cikarang, Tangerang dan Bekasi, bahkan Bali. Dia juga pernah mengekspor produknya ke Taiwan, Hong Kong dan Singapura untuk produk oleh-oleh.

Sri juga mengembangkan keripik unik dari bahan-bahan lainnya, seperti daun seledri, jamur tiram, usus ayam dan lainnya. Kerja kerasnya ini membuahkan pencapaian yang luar biasa. Salah satunya adalah masuk dalam nominasi tiga besar Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang diadakan Pemkab Sleman.

Sri mengaku ingin terus mengembangkan usahanya ini. Tetapi, dia ingin melakukannya secara perlahan dan bertahap. Dan, memang, dengan produk keripik unik buatannya ini, peluang usahanya untuk berkembang akan sangat bagus.

ide usaha, peluang bisnis, wirausaha, keripik unik, usaha kecil menengah

BACA JUGA:

Promosi Bisnis Kuliner Di Internet Yang Menghasilkan

Mendulang Rupiah Dari Souvenir Kain Perca

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *