Contoh Perencanaan Bisnis

Peluang Usaha dan Peluang Bisnis Terbaru
29. contoh perencanaan bisnis

Sebelum memulai langkah pertama menjalankan bisnis, satu hal yang harus dibuat adalah perencanaan. Sama halnya ketika Anda hendak melakukan sesuatu, perencanaan merupakan sebuah hal yang terpenting. Bahkan, gagal dalam merencanakan disamakan dengan merencanakan untuk gagal. Oleh karena itu, jika ingin menuai kesuksesan dari bisnis yang hendak dijalankan, wajib hukumnya untuk membuat perencanaan yang matang dan baik.

Aspek-Aspek Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis mempunyai unsur-unsur yang harus dijabarkan satu per satu. Aspek-aspek ini antara lain menjelaskan tentang bagaiman usaha akan dijalankan, perolehan modal, dan hal-hal lain terkait pengelolaan bisnis.

Aspek Modal

Untuk memulai bisnis, modal adalah salah satu bagian terpentingnya. Dalam perencanaan bisnis, pembahasan tentang aspek modal ini meliputi:

  • Jumlah modal yang diperlukan
  • Cara perolehan modal (kredit, pinjaman, uang pribadi, dll)
  • Jangka waktu pengembalian pinjaman modal
  • Pembagian kepemilikan usaha menurut modal
  • dsb

Aspek Manajemen

Perlu pula direncanakan tentang bagaimana bisnis Anda akan dijalankan terkait sistem manajemennya. Misalnya, siapa yang akan memimpin pergerakan bisnis/struktur manajemen bisnis, pembagian tanggungjawab pelaksanaan kegiatan bisnis, dan pembagian keuntungan. Manajemen harus dipersiapkan dengan baik agar bisnis berjalan lancar di kemudian hari.

Aspek Operasional

Dalam aspek ini biasanya dibahas mengenai teknis pengoperasian bisnis. Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) adalah salah satunya; yang berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk bagi para pelaku bisnis (baik pemilik maupun karyawan) untuk melaksanakan tugas masing-masing.

Contoh perencanaan aspek operasional ini, misalnya pada bisnis katering, meliputi siapa saja yang memasak, cara-cara mempersiapkan masakan dan hiasan, pembelian bahan baku, dan teknis detail lainnya.

Aspek Keuangan

Aspek keuangan sangat jelas terkait dengan keluar masuknya uang. Ini bisa mencakup biaya operasional harian, penghitungan keuntungan, dan seterusnya. Jika bisnis yang digerakkan tergolong dalam bisnis manufaktur berikut penjualan, perencanaan aspek keuangan ini bisa mencakup perkiraan harga penjualan produk supaya bisa menghasilkan keuntungan; dengan membandingkannya dengan biaya produksi.

Aspek Pemasaran

Bisnis apapun membutuhkan pemasaran yang bagus agar bisnis bisa terus berjalan dengan lancar dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Dalam perencanaan bisnis, strategi atau rencana pemasaran pun perlu dibahas, terutama strategi awal ketika bisnis baru dimulai.

Contoh Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis bisa dikatakan sebagai modal awal yang penting ketika memulai sebuah usaha, apa saja, baik yang berskala besar maupun kecil. Jika Anda ingin membuka bisnis baru namun tidak mempunyai bayangan tentang cara membuat perencanaan semacam ini, tidak perlu khawatir. Sekarang, Anda bisa melihat berbagai macam contoh perencanaan bisnis di berbagai bidang melalui internet. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci yang anda inginkan di mesin pencari dan Anda akan mendapatkan berderet-deret website referensi dalam waktu sekejap.

(berbagai sumber)

Be Sociable, Share!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *