Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis di Bidang Teknologi Informasi

Bisnis di Bidang Teknologi Informasi

0 Comments 🕔21.Jun 2013

Bisnis-di-Bidang-Teknologi-Informasi-2

Perkembangan teknologi informasi memang telah mengubah sektor-sektor bisnis lainnya. Teknologi informasi memang bersifat global. Sektor bisnis ini lebih bersifat memberi solusi untuk sektor bisnis lainnya terutama dalam hal meningkatkan produktifitas bisnis. Karena itulah teknologi informasi menjadi salah satu sektor bisnis yang akan terus berkembang hingga beberapa tahun ke depan. Teknologi informasipun sebenarnya masih terbagi-bagi dalam beberapa kategori. Ada yang bergerak di bidang software, ada juga yang bergerak di bidang hardware. Namun jika berbicara mengenai modal yang tidak terlalu besar dan keuntungan yang cukup besar, sektor bisnis perangkat lunak merupakan sektor bisnis terbaik.

Membangun Bisnis Pengembangan Software

Bisnis pengembangan software sendiri sebenarnya masih terbagi dalam beberapa kategori. Pembagian kategori ini bisa berdasarkan platform bisa juga berdasarkan model pengembangan softwarenya. Untuk model pengembangan software, ada dua model bisnis yakni model bisnis taylor made dan product based. Untuk model taylor made, pengembang baru akan membuat program setelah mereka menerima pesanan dari pihak lain. Target pasar model pengembangan software ini umumnya instansi-instansi yang membutuhkan software khusus. Sedangkan untuk model pengembangan product based, pengembang akan membuat aplikasi tertentu dan memasarkan aplikasi tersebut ke pihak pembeli. Target pasar untuk model pengembangan software ini biasanya lebih mengarah ke end user atau retail. Meski demikian, instansi juga masih bisa dijadikan target pasar dari model bisnis yang satu ini.

Memilih Platform Teknologi Informasi

Saat ini platform pengembangan sistem informasi memang sangat banyak. Namun secara garis besar ada platform berbasis desktop, web dan mobile. Jika menargetkan pasar yang membutuhkan aplikasi yang sangat terikat dan membutuhkan security yang tinggi, maka pengembang bisa memilih untuk bergerak di pengembangan software berbasis desktop. Namun jika ingin merangkul pengguna dalam jumlah besar tanpa harus dibatasi oleh platform tertentu, maka aplikasi berbasis web bisa menjadi pilihan. Namun kebanyakan aplikasi berbasis web menerapkan strategi bisnis yang berbeda. Saat ini pengembang aplikasi berbasis web menawarkan layanannya kepada end user secara gratis. Sedangkan untuk pendapatannya, bisnis model ini biasanya mengandalkan pemasukan dari iklan.

Platform aplikasi yang kini semakin berkembang adalah platform mobile. Dengan semakin berkembangnya perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, maka platform mobile semakin dilirik oleh banyak pengembang. Secara singkat, model bisnis pengembangan software berbasis mobile tampak mirip seperti aplikasi berbasis web. Umumnya pengembang menawarkan aplikasinya untuk diunduh secara gratis. Sumber pemasukannya bisa berasal dari penawaran akan layanan yang lebih lengkap dari aplikasi buatannya ataupun melalui iklan seperti pada model aplikasi berbasis web. Meski demikian, ada juga aplikasi mobile yang khusus dikembangkan oleh instansi tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan usahanya. Dari Update Info Mengenai Bisnis terbaru tersebut, setiap model bisnis membutuhkan strategi yang berbeda. Ada yang berusaha untuk mengejar kuantitas baik dalam hal angka penjualan software maupun jumlah penggunanya, ada juga yang mengejar proyek bernilai besar.

Bisnis-di-Bidang-Teknologi-Informasi-3

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *