Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Barang Bekas

Bisnis Barang Bekas

0 Comments 🕔12.Aug 2013

Siapa bilang barang bekas benar-benar sudah tidak bisa dipakai lagi. Barang-barang bekas di rumah Anda bisa juga loh dijadikan bisnis. Bisnis barang bekas namanya. Meskipun bisnis barang bekas ini masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, namun faktanya bisnis Ini cukup menguntungkan. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, banyak warga kota seperti warga Jakarta berminat membeli barang-barang bekas di pusat penjualan barang bekas. Agar terlihat lebih menarik, para pengusaha bisnis barang bekas ini hanya memberi sentuhan polesan sedikit pada barang-barang bekas yang akan dijual.

Bisnis-Barang-Bekas-3

Jenis-jenis barang bekas

Tentu bukan sembarang barang bekas sembarang yang dijual di toko-toko barang bekas. Barang-barang bekas yang dijual adalah barang yang memiliki nilai jual yang tinggi dan biasanya barang-barang tersebut adalah barang-barang koleksi. Sebut saja contohnya piringan hitam, perangko, komik, diecast, kaset, komik, dan masih banyak contoh barang bekas yang unik dan menarik lainnya. Selain itu, barang-barang bekas yang sering diminati oleh para konsumen bisnis barkas adalah barang-barang yang memiliki nilai seni yang tinggi seperti lukisan, patung, ukiran, karya instalasi, dan masih banyak lainnya.

Adapun contoh jenis barang bekas yang laku keras adalah sepeda ontel kuno, barang-barang kuno peninggalan penjajahan Belanda dan Jepang, surat-surat para pejuang Indonesia dulu, puzzle, pedang tentara Jepang, toolkit, kulkas, lemari, sofa, TV, AC, radio kuno, dan lain-lain. Terdengar menarik, bukan? Bagi Anda yang berminat dan ingin mencoba berbisnis barang-barang bekas, berikut ini ada tips-tipsnya.

Pertama, Anda harus pandai memilih  jenis barang-barang bekas yang layak dan laku dijual serta kondisi yang masih bagus. Jika Anda merasa ragu atau tidak yakin dengan keberhasilan bisnis ini, Anda bisa beralih profesi menjadi perantara bisnis barang bekas ini. Umumnya komisi yang akan diterima oleh perantara seperti Anda sekitar 30 persen. Cukup lumayan, bukan? Bagaimana, apakah Anda berminat?

Tips berbisnis barang bekas

Lalu tips yang kedua, rajin-rajinlah untuk mencari barang bekas di beberapa tempat seperti pasar barang bekas  atau sering disebut dengan pasar loak untuk dijual kembali dengan harga jual yang lebih tinggi. Dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan barang-barang bekas Anda. Tips yang ketiga, sebaiknya Anda jujur pada konsumen. Anda wajib menyampaikan kondisi barang bekas yang sebenarnya. Jika memang ada kerusakan  sebaiknya tetapkan harga yang sepadan atau lebih murah sesuai dengan kondisi barang.

Tips berikutnya berikan pelayanan yang terbaik pada pelanggan. Namanya juga berjualan barang bekas. Biasanya Anda akan menemui calon penjualan yang sedikit cerewet dan merepotkan. Dengan bersikap ramah dan memberikan pelayanan yang terbaik, reputasi Anda akan terlihat baik di depan pembeli. Hasilnya, akan banyak calon pembeli yang percaya untuk membeli barang-barang bekas yang Anda jual.

Merawat dan membersihkan barang-barang secara rutin adalah tips selanjutnya yang wjaib Anda lakukan. Hal ini bertujuan agar barang-barang bekas milik Anda tetap bersih dan terawat. Barang-barang bekas yang terawat dan bersih sudah pasti akan menarik minat para pembeli untuk membelinya. Misalnya peralatan elektronik bekas yang akan Anda jual wajib diperbaiki terlebih dahulu, dibersihkan, lalu baru dijual.

Bisnis-Barang-Bekas-2

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *