Teropong Bisnis | Homepage
Berbisnis Warung Tenda

Berbisnis Warung Tenda

0 Comments 🕔12.Aug 2013

Sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang dapat Anda jalankan jika memang Anda berminat membuka bisnis untuk menambah penghasilan Anda. Dan salah satu peluang bisnis yang hingga kini masih popular dan menjamur adalah bisnis kuliner. Warung tenda, salah satu contoh bisnis kuliner yang paling sering ditemui. Meskipun hanya sebuah warung tenda, jika kualitas rasa dan tampilan menu makanan Anda menarik, tentu akan banyak konsumen yang tertarik untuk mencicipi hidangan Anda. Maka dari itu, agar semua rencana bisnis warung tenda Anda tercapai dengan sukses, ada baiknya Anda simak tips-tips mengawali bisnis warung tenda berikut ini.

Berbisnis-Warung-Tenda-2

Tips memulai bisnis warung tenda

Tips yang pertama, tentukan lokasi warung yang strategis. Lokasi yang strategis disini fokus pada lokasi yang ramai, mudah diakses, dan lokasi yang dekat dengan pusat-pusat perkantoran, sekolah/ kampus, pusat perbelanjaan, dll. Kemudian tips yang kedua yaitu siapkan sarana atau fasilitas utama seperti tenda untuk mendirikan warung, kursi, meja, peralatan makan, peralatan masak, dll. Tata tenda, meja, dan kursi dengan rapi serta wajib jaga kebersihan warung dan peralatan makan agar para konsumen tertarik untuk makan di warung tenda Anda.

Tips yang ketiga yaitu menyiapkan menu utama untuk warung tenda Anda. Jangan lupa untuk membuat daftar menu yang jelas dan informative agar para konsumen mudah memesan menu yang diinginkannya. Agar banyak konsumen yang mampir ke warung Anda, sebaiknya untuk awal bisnis Anda siapkan harga menu yang terjangkau. Dan tips yang terakhir ,  buatlah menu makanan yang khas yang nantinya akan menjadi ciri khas/ identitas warung tenda milik Anda.

Adapun langkah-langkah membuka bisnis warung tenda adalah sebagai berikut. Pertama, Anda harus mengenal selera masyarakat setempat di mana lokasi warung tenda Anda akan dibangun. Poin yang satu ini akan menjadi poin yang sangat penting agar warung tenda Anda disukai oleh banyak konsumen yang mengetahui selera makanan mereka. Step yang kedua, memperhitungkan biaya-biaya pengeluaran mulai dari biaya belanja peralatan masak hingga biaya operasional termasuk gaji karyawan. Dan step yang ketiga adalah silahkan Anda atur keuangan baik yang masuk maupun yang keluar dengan teliti. Misalnya menghitung jumlah total pengeluaran dan pemasukan selama satu bulan, dll.

Hambatan/ kesulitan mendirikan bisnis warung tenda

Bagaimana dengan hambatan bisnis warung tenda? Yang namanya berbisnis pasti ada resiko untuk mengalami hambatan atau kesulitan. Umumnya para pebisnis warung tenda akan mengalami hambatan-hambatan sebagai berikut. Pertama, pesaing atau kompetitor yang mempunyai menu makanan yang sama dengan menu makanan Anda. Apalagi lokasinya berdekatan. Kedua, bahan baku yang tidak awet sehingga tidak bisa dipakai kembali. Tentu saja ini akan merugikan Anda. Ketiga, komplain dari konsumen berhubungan dengan menu yang disajikan, kualitas pelayanan, dan  faktor pelayanan dari karyawan Anda.

Berbisnis-Warung-Tenda-3

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *