Teropong Bisnis | Homepage
Bali Peroleh Devisa 5,35 Juta Dollar AS dari Hasil Jual-Beli Kerajinan Logam

Bali Peroleh Devisa 5,35 Juta Dollar AS dari Hasil Jual-Beli Kerajinan Logam

0 Comments 🕔07.Aug 2014

Apa yang menjadi ciri khas Pulau Dewata selain keindahan tempat wisatanya? Benar sekali, kerajinan tangannya. Dari hasil transaksi kerajinan tangan saja, Bali memperoleh sekitar 5,35 juta dollar AS untuk 5 bulan saja. Angka keuntungan ini didapat dari data ekspor kerajinan tangan ke beberapa negara di dunia. Kerajinan tangan yang paling banyak menyumbang angka devisa adalah kerajinan tangan jenis logam alias kerajinan tangan yang terbuat dari bahan logam. Selama periode bulan Januari hingga bulan Mei 2014 ini,  angka eksporkerajinan logam dari  Bali meningkat sebesar 72,15 persen bila dibandingkan dengan periode Januari-Mei tahun sebelumnya yang hanya sekitar 3,11 juta dollar saja.

Berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, hasil ekspor luar negeri mencapai7,98 juta unit kerajinan logamkhususnya dari jenis perhiasan yang terbuat dari logam. Padahal dari segi volume atau jumlah perhiasan yang diekspor ke luar negeri menurun sekitar21,70 persen akibat angka ekspor bulan pertama di tahun 2013 yang mencapai 10,19 juta unit perhiasan logam. Meski volumenya menurun, devisa yang dihasilkan sangatlah signifikan angkanya. Hal ini berarti per-unit perhiasan logam asli buatan para perajin Bali ini dihargai sangat mahal. Apalagi jenis/ variannya sangat beragam. Untuk satu 1 varian perhiasan saja, model atau desainnya sangat beragam.

Kerajinan khas Bali yang terbuat dari logam ini sebagian besar diproduksi oleh  para perajin di daerah Celuk, Kabupaten Gianyar, Bali. Sebanyak 2,49 persen dari total angka ekspor kerajinan logam Bali didatangkan dari sini. Prosentase tersebut telah menghasilkan angka devisa sebesar 215,05 juta dollar AS. Sebagian besar jenis perhiasan yang sangat diminati oleh konsumen luar negeri adalah jenis perhiasan untuk wanita dengan model/ desain yang sangat menarik. Desainnya yang unik dan menarik telah menarik hati banyak konsumen wanita di luar negeri. Kemudian faktor harga juga sangat berpengaruh terhadap angka pembelian kerajinan logam khususnya jenis perhiasan buatan perajin Bali. Harga perhiasan logam dari Bali ini tentunya lebih murah bila dibandingkan dengan perhiasan emas. Sedang desainnya tak kalah mewah dengan perhiasan-perhiasan emas.

Ni Wayan Suma adalah salah satu perajin perhiasan yang terbuat dari perak di kawasan Celuk, Kabupaten Gianyar, Bali. Beliau mengatakan bahwa sebagian besar perhiasan buatannya diekspor ke negera tetangga seperti Hong Kong dan Singapura. Kedua negara ini memang menjadi pusat wisata belanja internasional. Di kedua negara ini ada banyak pelancong yang berlibur dan belanja aneka jenis komoditi termasuk komoditi kerajinan logam dari Bali. Sebagian besar pelancong yang berkunjung ke Hong Kong atau Singapura membeli aneka jenis perhiasan logam buatan asli Bali untuk dijadikan cinderamata untuk keluarga, kerabat, atau teman-teman di negara asalnya.

2. Bali Peroleh Devisa 5,35 Juta Dollar AS dari Hasil Jual-Beli Kerajinan Logam 1

Baca Juga :

Ron Mullers, Pebisnis Keturunan Sunda yang sangat Peduli dengan Komodo

Jadi Jutawan dari Usaha Jasa Antar

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *