Teropong Bisnis | Homepage
Baju Batik Anak, Menggiurkan untuk Digeluti

Baju Batik Anak, Menggiurkan untuk Digeluti

0 Comments 🕔12.Mar 2014

Batik adalah ciri khas bangsa Indonesia. Dan, bila dulu banyak orang mengabaikannya, sekarang, popularitas batik kembali meningkat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang membeli baju batik, baik untuk acara formal atau santai. Salah satu jenis baju batik yang banyak dicari adalah baju batik anak-anak.

Peluang bisnis baju batik anak ini cukup menjanjikan. Hal ini terjadi seiring dengan semakin cintanya masyarakat Indonesia dengan batik. Harlina Dyah Wijayanti, 38 adalah salah seorang yang memanfaatkan peluang ini. Dia mendirikan bisnis baju anak dengan nama Kenes Yogya sejak November 2010.

Tentunya, baju anak merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk anak. Oleh karena itu, banyak orang membutuhkannya, sehingga peluang bisnis di bidang ini cukup besar.

Sayangnya, banyak kompetitor yang harus dihadapi Harlina. Tidak hanya produsen lokal, banyak merek dari luar negeri juga menyerbu masuk Indonesia. Untuk mengatasinya, Herlina menggunakan kain batik untuk baju anak.

Kain batik yang dipilihnya juga tidak sembarangan. Harlina memilih batik dengan motif lucu dan warna cerah yang sesuai untuk anak. Penggunaan kain batik ini juga melahirkan gaya baru, perpaduan gaya tradisional dan tren masa kini. Oleh karena itu, produknya dapat dikatakan unik.

peluang usaha, ide bisnis, wirausaha, baju batik, anak

Sama halnya dengan Herlina, Mia Amaliya Wisnuwardhani, 33 juga menjalankan bisnis yang sama. Dia memberi nama bisnisnya Ayunan Indonesia, dan sudah berjalan sejak setahun lalu.

Bisnis baju batik anak milik Mia ini berawal dari ketidak puasannya terhadap desain baju batik yang ada di pasar. Dia lalu membeli kain batik dan menjahitnya sendiri untuk anaknya. Ternyata, desain dan baju buatannya ini disukai oleh teman-temannya. Dan, banyak diantara mereka memesan baju batik anak dari Mia.

Berawal dari kejadian ini, Mia akhirnya memutuskan untuk mendirikan usaha baju batik anak. Selain baju batik anak, Mia juga menjual aksesoris. Aksesoris ini dapat dipakai untuk melengkapi baju batik anak yang dijualnya.

Adanya bisnis baju batik anak ini, memberikan variasi baru pada pasar baju anak. Sekarang, para orang tua akan mempunyai pilihan yang lebih banyak untuk baju anak mereka.

Hal diatas juga memberi dampak pada usaha Herlina dan Mia. Herlina mengaku, bila awalnya jumlah produksi usahanya hanya 23 potong baju per hari, saat ini sudah mencapai 800 potong baju. Hal ini juga ditambah dengan 300 aksesoris batik tiap bulan. Untuk harga, Herlina memasang harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 115.000 – Rp. 250.000.

Sedangkan jumlah produksi usaha Mia juga meningkat. Kini, dia mampu memproduksi 300 potong baju per bulan. Dan, dia menjual produk buatannya dengan harga mulai dari Rp. 75.000 – Rp. 215.000.

Produk unik bisnis baju batik anak, memang menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis ini. Selain itu, keuntungan yang mencapai 40% – 50% juga yang menjadikan usaha ini sangat menggiurkan untuk digeluti.

peluang usaha, ide bisnis, wirausaha, baju batik, anak

BACA JUGA:

4 Pilar Penting dalam Kesuksesan Usaha Rumah Kos

Peluang Bisnis Menggiurkan dari Rumitnya Mengurus HAKI

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *