Teropong Bisnis | Homepage
62 Triliun Siap Didapat Industri Kemasan Indonesia

62 Triliun Siap Didapat Industri Kemasan Indonesia

0 Comments 🕔02.Jul 2014

Kemasan produk tidak hanya menjadi wadah atau pelindung suatu produk. Kemasan juga dapat menjadi alat promosi yang sangat efektif. Oleh karena itu, kemasan sangat dibutuhkan oleh dunia bisnis saat ini untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan. Hal ini pula yang membuat industri kemasan menjadi semakin berkembang saat ini.

Akan tetapi, bila melihat perkembangan industri kemasan di Indonesia, khususnya pada kuartal I 2014, terdapat data yang tidak menggembirakan. Pertumbuhan industri kemasan Indonesia hanya mencapai 5 persen, angka yang cukup rendah.

Meskipun pada kuartal I tahun ini industri kemasan Indonesia mencatakan hasil buruk, namun, ada peningkatan yang diperkirakan akan terjadi. Pada semester I tahun 2014, industri kemasan Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan sebesar 8 persen. Bila diubah dalam bentuk nominal, maka peningkatan ini mencapai Rp. 30 triliun atau 48,38 persen dari target pertumbuhan 2014, yaitu Rp. 62 triliun.

Hal diatas juga disampaikan oleh Hengky Wibawa, Direktur Eksekutif Federasi Kemasan Indonesia (FPI). Dia mengatakan akan terjadi perbaikan pada kuartal II. Hal ini merupakan siklus yang sudah umum terjadi. Dan, dia memperkirakan pertumbuhan tahun ini akan mencapai 10 persen.

Namun, Hengky menambahkan industri kemasan Indonesia juga menghadapi berbagai kendala tahun ini. Kendala yang terberat ada 2 yaitu nilai tukar Rupiah yang naik turun, yang menyebabkan harga impor naik. Dan, yang terbaru adalah naiknya tarif listrik industri.

Sebelumnya, banyak pengusaha tidak setuju dengan kenaikan tarif listrik ini, karena dapat mempengaruhi biaya produksi mereka. Tetapi, menurut Hengky, kenaikan tarif listrik ini tidak memberikan pengaruh terlalu besar untuk industri kemasan Indonesia. Memang ada kenaikan biaya, namun tidak signifikan.

Menurut Hengky, dampak terbesar diberikan oleh fluktuasi nilai tukar Rupiah. Industri kemasan di Indonesia masih mengandalkan bahan baku yang berasal dari luar negeri. Dengan melemahnya nilai Rupiah selama 3 bulan terakhir ini, biaya yang dikeluarkan untuk mengimpor bahan baku ini meningkat tajam. Hal inilah yang membuat biaya produksi perusahaan-perusahaan pembuat kemasan meningkat.

Selain 2 kendala utama yang disebutkan diatas, Hengky juga menyebutkan satu tantangan lagi yang perlu dihadapi industri kemasan Indonesia. Tantangan tersebut adalah Pemilu, puasa dan Lebaran tahun ini. Pada momen-momen tersebut, permintaan yang datang pada industri kemasan biasanya akan menurun. Hal ini tentunya akan mempengaruhi pemasukan yang didapat.

Akan tetapi, Hengky yakin, bila nilai tukar Rupiah stabil, maka tantangan tersebut tidak akan terlalu mengganggu. Target utama bisnis dapat tercapai dan industri kemasan akan berjalan normal. Karena hal ini pula, Hengky yakin target omzet tahunan industri kemasan tahun ini akan dapat tercapai. Target tersebut adalah seperti yang diungkapkan diatas, sebesar Rp. 62 triliun.

Polycarbonate plastic bottle of mineral water isolated on white

BACA JUGA:

Mengeruk Pul Jut dari Bisnis Smoothies

Alugha, Satu Video Seribu Bahasa

Similar Articles

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan?

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan? 0

Peluang usaha produk-produk kerajinan dan kreatif saat ini terbilang sangat menjanjikan. Bila Anda khawatir dengan

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh? 0

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu... pokoknya having

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa 0

Bisnis kerajinan merupakan peluang bisnis yang berpeluang besar untuk tembus pasar internasional. Jawa Tengah memang terkenal dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *