Teropong Bisnis | Homepage
200% Keuntungan Menggiurkan Dari Usaha Cetak Undangan

200% Keuntungan Menggiurkan Dari Usaha Cetak Undangan

0 Comments 🕔05.Feb 2014

Undangan biasanya dibutuhkan untuk acara-acara tertentu. Dan, setiap hari, pasti ada orang yang mengadakan acara-acara ini. Oleh karena itu, usaha cetak undangan dapat dikatakan sangat menjanjikan.

Usaha cetak undangan adalah usaha yang menjual desain undangan. Dan, produk yang ditawarkan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk kalangan bawah dan kalangan menengah ke atas.

Untuk kalangan bawah, kertas yang dipakai adalah kertas kualitas biasa atau kertas blanko. Harga yang dapat dipasang untuk jenis ini adalah Rp. 500 per lembar untuk pesanan minimal 1000 lembar. Anda dapat menaikkan harga bila pesanan dibawah batas minimal tersebut, seperti Rp. 750 per lembar untuk 300 lembar pesanan.

Untuk kalangan menengah ke atas, kertas yang dipakai lebih berkualitas, sepertii kertas jasmine, art paper, linen dan lainnya. Harganya tentu lebih mahal dari jenis yang pertama.

Harga yang Anda patok untuk usaha ini adalah 2 kali harga produksi. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi kerugian yang dapat terjadi akibat salah cetak. Dan tentunya, bila dihitung, Anda dapat mengantongi keuntungan hingga 200%.

Untuk memulai usaha cetak undangan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu:

1. Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan ada dua macam, yaitu digital dan manual. Untuk manual, Anda perlu menyiapkan alat sablon, pemotong kertas manual dan pelipat kertas manual. Tetapi, saat ini, sudah banyak usaha cetak undangan yang tidak lagi menggunakan alat manual ini.

Alat digital yang diperlukan sangat beragam. Komputer sebagai alat untuk mendesain undangan adalah yang pertama. Selain itu, alat-alat seperti mesin laminasi glossy, mesih hot print, mesin cetak dan lainnya juga diperlukan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

cetak undangan, usaha, bisnis, jenis usaha

2. Tempat

Sama seperti usaha lainnya, Anda membutuhkan tempat usaha yang strategis. Tetapi, tempat ini biasanya digunakan untuk penerima pesanan. Untuk tempat produksi, Anda bebas memilih lokasi, asalkan dapat mendukung proses produksi.

3. Keahlian

Keahlian sangat dibutuhkan dalam mendesain dan mencetak undangan. Keahlian yang dibutuhkan disini untuk proses manual dan digital.

4. Karyawan

Karyawan sangat dibutuhkan untuk memperlancar usaha Anda. Anda dapat mengangkat karyawan tetap atau karyawan part time saat pesanan banyak. Berikan bonus agar mereka semangat.

5.  Promosi

Gunakan semua metode promosi yang Anda inginkan. Spanduk, promosi mulut ke mulut, media online atau bahkan kepuasan pelanggan dapat menjadi metode promosi yang efektif.

Anda juga harus mengetahui resiko usaha ini, seperti:

1.     Ketidak puasan pelanggan, jadi pertahankan kualitas layanan Anda agar mereka selalu puas

2.     Harga mahal dan desain monoton

Anda juga harus mengetahui benar kebutuhan pelanggan. Undangan sangat penting untuk mereka karena digunakan untuk acara special mereka. Jadi, dengan mengetahui apa yang pelanggan butuhkan, Anda dapat membuat undangan yang tepat.

Karena usaha cetak undangan lebih banyak menjual desain, Anda dapat melakukannya sebagai usaha sampingan. Untuk proses pencetakan, Anda dapat bekerjasama dengan pemilik percetakan yang Anda kenal.

cetak undangan, usaha, bisnis, jenis usaha

BACA JUGA:

Raup Omzet Jutaan Rupiah Dari Bisnis Boneka Lampu Anak-Anak

Bisnis Pendidikan Dengan Keuntungan Menjanjikan

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *