Teropong Bisnis | Homepage
Waspadai Pembobolan Transaksi Online dengan Kartu Kredit

Waspadai Pembobolan Transaksi Online dengan Kartu Kredit

0 Comments 🕔10.Jun 2013

Pembobolan transaksi kartu kredit secara online kini tengah marak. Bank Indonesia juga sudah memberi peringatan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam malakukan berbagai transaksi secara online dengan kartu kredit. Jika beberapa waktu lalu pembobolan kartu kredit dilakukan secara online oleh para hacker, kini metode yang digunakan adalah mengunakan modus card not present.

Ini berarti, pelaku tidak akan membutuhkan kartu untuk dibobol. Ronald Waas, Deputi Gubernur Bank Indonesia, mengungkapkan bahwa modus yang digunakan sudah bergeser dan masyarakat diharapkan untuk berhati-hati dalam melaksanakan berbagai transaksi online dengan kartu kredit.

Modus Pelaku Card Not Present

Kali ini, pelaku menggunakan modus seperti memanfaatkan sistem komputer. Pada saat kita berbelanja di toko online, transaksi atau metode pembayaran yang menggunakan kartu kredit akan memungkinkan laman web untuk meminta nomor kartu kredit serta kode pengaman yang terdapat di bagian belakang kartu. Metode ini memang sangat mudah karena transaksi online tidak mengharuskan pegguna kartu untuk tanda tangan. Namun, kemudahan ini juga bukannya tanpa risiko. Pelanggan yang tidak berhati-hati dapat dibobol kode pengaman kartunya tanpa sepengetahuan si pengguna. Kemudahan transaksi seperti ini membuka kesempatan bagi penjahat untuk mencuri data dari kartu kredit nasabah.

Proses untuk mencuri data ini ternyata juga cukup sederhana. Pada saat pelanggan melakukan transaksi secara online, entah transaksi pembayaran, transaksi transfer, atau treansaksi lainya, si pelaku pembobolan akan mampu melihat dan mencuri data selama nasabah melakukan transaksi. Saat pelanggan melakukan transaksi, data dalam kartu kreditnya tersebut dapat diambil di tengah transaksi sedang berlangsung. Transaksi secara online bisanya dilakukan untuk perbelanjaan di toko online. Karenanya, para pelanggan sebaiknya lebih berhati-hati dalam melakukan setiap transaksi online.

Pilih Toko Online Terpercaya

Pusat perbelanjaan online yang memanfaatkan transaksi online dengan kartu kredit merupakan celah bagi pembobol kartu kredit untuk mencuri data dari kartu kredit pelanggan. Untuk mencegah pembobolan kartu kredit, nasabah harus mampu menentukan kemanan dari kartu kreditnya sendiri, pengguna kartu kredit harus benar-benar sadar bahwa tempat berbelanjanya merupakan situs yang terpercaya. Karenanya, sebelum berbelanja di toko online, si pemilik kartu kredit harus memastikan bahwa tempat mereka berbelanja adalah situs yang terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus.

Saat ini, banyak sekali toko online yang bermunculan. Para pengguna kartu kredit harus benar-benar selektif dalam menentukan apakah toko online tempatnya berbelanja merupakan toko online yang benar-benar terpercaya dan mampu diandalkan. Jangan sampai saat Anda melakukan pembayaran secara online dengan kartu kredit, data di kartu kredit Anda justru dicuri oleh para pembobol. Karenanya, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memanfaatkan fasilitas online untuk berbelanja. Situs belanja online yang aman biasanya akan terdaftar di data Kementrian Komunikasi dan Telekomunikasi.

Gambar: duniabisnisonline.info

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *