Teropong Bisnis | Homepage
Transaksi Aman dengan Kartu Debit

Transaksi Aman dengan Kartu Debit

0 Comments 🕔20.Jun 2013

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia dengan tingkat perkembangan ekonomi yang cukup signifikan bahkan ditengah krisis ekonomi yang menggempur dunia. Hal ini tidak lepas dari tingkat konsumsi masyarakat yang cukup tinggi ditambah dengan jumlah penduduk yang cukup besar pula. Kini masyarakat mempunyai beberapa pilihan untuk bertransaksi karena dukungan teknologi yang sudah merambah di berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa kini masyarakat tidak hanya akrab dengan belanja secara langsung melainkan juga belanja online setelah internet bisa diakses dengan mudah. Selain itu, masyarakat juga ditawarkan beberapa pilihan pemenuhan transaksi baik secara tunai maupun non tunai. Untuk transaksi non tunai, masyarakat kini bisa menggunakan kartu kredit maupun kartu debit meskipun perkembangan transaksi non tunai ini terbilang lambat jika dibandingkan dengan banyak negara maju di dunia. Kartu kredit sepertinya sudah cukup akrab digunakan untuk berbagai macam transaksi, tetapi banyak orang yang enggan menggunakan kartu debit untuk transaksi karena kartu tersebut berhubungan langsung dengan rekening pribadi si pengguna. Namun, perkembangan transaksi dengan kartu debit bukannya tidak mungkin sama sekali.

Transaksi-Aman-dengan-Kartu-Debit-2

Maksimalisasi Kartu Debit

Kartu kredit sebelumnya cukup mudah didapatkan oleh masyarakat, tetapi kemudian ada banyak masalah krusial yang timbul akibat terlalu mudahnya masyarakat mendapatkan kartu kredit. Namun kini, Bank Indonesia semakin mengetatkan aturan pengeluaran kartu kredit yang mulai syarat batas minimum penghasilan pengguna hingga pembatasan jumlah kartu untuk setiap pemilik sehingga bisa jadi pihak bank akan lebih memaksimalkan penggunaan kartu debit untuk pemenuhan berbagai macam transaksi keuangan. Namun, kekhawatiran akan fraud muncul karena nomor kartu debit berhubungan langsung dengan nomor rekening. Selain itu, penggunaan kartu debit untuk transaksi online juga masih belum maksimal. Akan tetapi, penyesuaian penggunaan kartu debit untuk berbagai transaksi sudah dilakukan termasuk untuk transaksi online dan jaminan perlindungan nasabah.

Tips Aman Menggunakan Kartu Debit

Banyak pemilik kartu debit yang ragu menggunakan kartu debit untuk transaksi yang mereka miliki karena mereka khawatir akan faktor keamanan. Namun, di era modern ini transaksi non tunai semakin penting sementara banyak orang yang tidak mau atau tidak bisa menggunakan kartu kredit. Agar Anda merasa aman saat bertransaksi dengan kartu debit, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips sederhana berikut. Pertama, Anda sebaiknya memastikan bahwa Anda menggunakan PIN untuk setiap transaksi dan PIN tersebut harus dijaga agar tidak diketahui oleh pihak lain. Permintaan blokir kepada bank harus segera dilakukan jika kartu debit Anda hilang dan Anda harus segera minta penggantian kartu. Bukti transaksi dari kartu debit harus Anda simpan baik-baik. Ketika mesin kasir menyediakan beberapa EDC, Anda sebaiknya minta agar transaksi diproses dengan EDC yang sesuai dengan bank penerbit kartu debit. Anda juga perlu waspada dan mengupayakan agar kartu debit tidak digesek berulang terutama setelah transaksi sudah selesai.

Transaksi-Aman-dengan-Kartu-Debit-3

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *