Teropong Bisnis | Homepage
Status Akuisisi Bank Mestika Masih Belum Diumumkan

Status Akuisisi Bank Mestika Masih Belum Diumumkan

0 Comments 🕔12.Jul 2013

Status-Akuisisi-Bank-Mestika-Masih-Belum-Diumumkan-1

BI masih belum memberikan persetujuan terhadap status akuisisi dari Bank Mestika. Bank tersebut kini menunggu respon dari Bank Indonesia terkait permasalahan tersebut. Direktur Utama dari Bank Mestika juga mengiyakan hal tersebut. Beliau menuturkan bahwa pihaknya saat ini masih diminta untuk bersabar hingga semua proses sudah selesai. Jika semuanya sudah tuntas, nantinya kedua belah pihak akan diberitahu mengenai keputusan dari BI. Jika memang hal tersebut disetujui oleh Bank Indonesia, maka besar kemungkinan Bank asal Malaysia RHB Bank Bhd akan bekerja sama dengan PT Bank Mestika Dharma Tbk atau yang lebih dikenal dengan BBMD. Salah satu alasan yang menyebabkan proses yang lama tersebut adalah ternyata ada beberapa dokumen yang masih kurang atau belum lengkap. Guna memperlancar proses yang berlangsung, BI menyarankan Bank Mestika untuk segara mengurus ketidaklengkapan dokumen terkait. Setelah dokumen yang diberikan sudah lengkap dan benar, maka status akuisisi akan segera diberitahukan.

Status-Akuisisi-Bank-Mestika-Masih-Belum-Diumumkan-3

Direktur Utama Bank Mestika Belum Mengetahui Status Akuisisi Terkait

Sampai saat ini BI juga masih belum tahu apakah nanti akuisisi yang berlangsung akan sukses atau tidak. Dharma Achmad Kartasasmita menyatakan bahwa manajemen Bank Mestika masih belum mengetahui pula berapa besaran angka akuisisi yang akan diberikan. Namun menurut peraturan yang diberlakukan Bank Indonesia, angka akuisisi yang bisa diberikan kepada bank terkait tidak boleh lebih dari 40%. Presentase tersebut berlaku untuk Bank Asing yang hendak membeli saham dari Bank Lokal yang ada di Indonesia. Beliau menambahkan bahwa dari hasil kalkulasi yang dilakukan oleh bagian administrasi, rencananya uang yang nanti diperoleh dari hasil penjualan saham tersebut adalah 3,3 Triliun. Jumlah ini tentunya merupakan jumlah yang cukup besar.

RHB Berniat Membeli Saham Bank Mestika hingga 80%

Sebelumnya RHB memang berniat untuk membeli 80% saham dari Bank Mestika dengan nilai 356 Juta US Dollar, namun hal tersebut kini masih menjadi wacana yang didiskusikan oleh Bank Indonesia. Jumlah tersebut memang luar biasa banyaknya namun ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan lagi. Ketentuan dari Bank BI memang sejatinya berlaku untuk semua jenis bank, termasuk Bank Swasta. Ini sangat penting sekali agar proses perbankan yang berlaku di Indonesia berjalan dengan mulus. RHB agaknya sangat berambisi dalam melakukan rencananya untuk membeli saham bank tersebut. Hal ini terlihat jelas dari inisiatif yang dilakukan pihak terkait untuk memenuhi segala persyaratan yang diberikan kepadanya. Sejatinya Bank Mestika memang memiliki potensi yang cukup baik apabila mampu dimanfaatkan oleh investor pembeli saham dengan baik. Banyak sekali investor asing yang memiliki cukup banyak modal, namun mereka ingin mengarahkan modal mereka tersebut ke arah yang lebih menguntungkan. Bank Mestika sendiri, sebenarnya adalah sebuah bank yang berstatus swasta dan bank ini berpusat di sebuah kantor di Sumatera Utara. Bank ini telah berkembang dengan pesat sejak tahun 1995.

Status-Akuisisi-Bank-Mestika-Masih-Belum-Diumumkan-2

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *