Teropong Bisnis | Homepage
Seputar Profil Muamalat

Seputar Profil Muamalat

0 Comments 🕔24.Sep 2013

Bank Muamalat adalah salah satu bank di Indonesia yang berkembang dengan baik. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk pertama kali dibentuk pada 24 Rabius Tsani 1412 H atau bersamaan dengan 1 November 1991. Pendirian Bank Muamalat ini diprakarsai oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) yang tak lain adalah lembaga agama Islam terbesar di Indonesia. Bank yang berkonsep islam ini pertama kali beroperasi pada Bulan Syawal tepatnya 7 Syawal 1412 H atau dalam kalender masehi 1 Mei 1992.  Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan beberapa pengusaha muslim Indonesia mendukung penuh pembentukan bank yang bersyariat Islam ini.

Dukungan tak hanya berasal dari ICMI dan pengusaha-pengusaha muslim saja, masyarakat Indonesia yang mayoritas islam juga sangat mendukung pendirian Bank Muamalat. Dukungan ini dibuktikan dengan dibentuknya komitmen pembelian saham Perseroan yang bernilai Rp.84 miliar. Kemudian pada acara pendirian Perseroan dan acara silaturahmi, ada tambahan komitmen masyarakat Jawa Barat. Masyarakat Jawa Barat ikut serta menanamkan modalnya sebesar Rp.106 miliar.

Bank Muamalat merupakan bank dengan julukan Bank Devisa. Bank ini juga mendapatkan predikat bank syariah pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis produk bank dan jasa yang saat ini masih terus dikembangkan.

Sekitar tahun 90-an, Bangsa Indonesia dilanda krisis moneter yang cukup parah. Dampaknya begitu besar terhadap dunia perbankan termasuk Bank Muamalat.  Kemudian pada tahun 1998, NPF alias rasio pembiayaan macet Bank Muamalat mencapai 60 persen. Alhasil Bank Muamalat mengalami kerugian sebesar Rp.105 miliar . Belum lagi ekuitasnya yang berada di titik terendah. Pada posisi ekuitas ini Bank Muamalat mencapai  39,9 miliar rupiah. Angka ini sepertiga dari modal awal pendirian Bank Muamalat.

Untuk mengatasi keterpurukan ini, Bank Muamalat kemudian mendapatkan ide untuk mencari investor yang potensial. RUPS adalah salah satu pemodal potensial tersebut yang berhasil mendongkrak keterpurukan Muamalat. Empat tahun berturut-turut yaitu tahun 1999 sampai dengan tahun 2002 menjadi masa-masa kebangkitan Bank Muamalat yang penuh dengan tantangan. Pasca pergantian kepengurusan, hingga kini Bank Muamalat kembali berjaya.

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *