Teropong Bisnis | Homepage
Sekilas Mengenai Info KPR Bank

Sekilas Mengenai Info KPR Bank

0 Comments 🕔10.Apr 2013

Istilah KPR sering kita dengar ketika akan membeli rumah secara kredit. KPR (Kredit Pemilikan Rumah) merupakan suatu produk pembiayaan yang umumnya ditawarkan oleh sebuah bank untuk para nasabah atau pihak lain yang ingin membeli rumah dengan menggunakan sistem skema pembiayaan hingga 90 persen dari harga rumah.  Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan layanan KPR yang disediakan oleh perbankan daripada perusahaan yang menyediakan jasa pembiayaan/leasing. Hal ini disebabkan karena jasa pembiayaan KPR yang disediakan oleh sebuah perusahaan perbankan sudah menjadi bagian dari layanan bank yang ditawarkan oleh lembaga perbankan yang bersangkutan.

Panduan Singkat Pengajuan KPR

Bagi Anda para pemula yang masih kurang paham akan KPR dan prosedurnya, berikut adalah panduan singkat mengenai cara pengajuan KPR pada pihak lembaga perbankan. Pertama, pilih properti seperti rumah, apartmen, ruko, bangunan kantor, atau properti lainnya yang akan Anda beli terlebih dahulu. Kedua, silahkan Anda tentukan Bank KPR yang akan Anda pilih. Dalam menentukan besarnya KPR, pihak nasabah dan pihak perusahaan perbankan akan bersepakat berapa besarnya KPR yang harus dibayarkan oleh pihak nasabah suatu bank.

Tahap ketiga, pihak nasabah diminta untuk mengisi form pemesanan rumah/ruko. Bangunan kantor/jenis properti lainnya yang disertai dengan kewajiban membayar booking fee. Kemudian tahap keempat, nasabah diwajibkan melunasi uang muka pembelian rumah/jenis properti lainnya yang besarnya uang muka sudah disepakati sebelumnya dengan pihak bank. Nasabah kemudian diminta untuk mengisi formulir pengajuan kredit dengan mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan ketika akan membeli rumah dengan menggunakan sistem pembiayaan KPR.

Tahap kelima, pihak bank akan melakukan survey sebagai bentuk appraisal nilai aset properti. Kemudian bank akan melakukan analisa  permohonan kredit. Akad kredit menjadi step berikutnya di mana akad kredit sudah disetujui oleh kedua belah pihak, pihak nasabah kemudian perlu menyiapkan biaya administrasi dan biaya KPR. Dalam melakukan akad kredit, kedua belah pihak harus disaksikan dan disahkan oleh pihak notaris. Dan step terakhir yaitu  pembayaran cicilan tiap bulan oleh pihak nasabah.

Alasan Banyaknya Orang yang Memilih KPR

Mengapa banyak orang berminat menggunakan jasa  perbankan atau perusahaan  pengembang yang menyediakan jasa pembiayaan kredit rumah  ketika akan membeli rumah? Jawabannya cukup satu: lebih ringan dalam hal angsuran/cicilan kredit rumah yang perlu dibayarkan tiap bulannya. Jasa pembiayaan KPR ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang berminat memiliki rumah namun  belum ada cukup dana untuk membeli sebuah rumah/jenis properti lainnya secara tunai.

Siapa saja yang berminat menggunakan jasa pembiayaan KPR ini bisa menggunakan jasa lembaga bank atau perusahaan pembiayaan/ leasing lainnya kapan saja. Semua lembaga perbankan yang tersebar di berbagai lokasi pastinya menyediakan layanan pembiayaan KPR ini.

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia

Perkembangan Trend Deflasi Di Indonesia 0

Saat ini banyak diantaranya negara yang mengalami trend deflasi yang disebut pula sebagai deflasi global. Sementara untuk

Lihat 3 Hal Ini dan Terapkan Passion dalam Bisnis Anda!

Lihat 3 Hal Ini dan Terapkan Passion dalam Bisnis Anda! 0

Passion merupakan hal paling penting untuk dapat sukses dalam bisnis saat ini. Karena dengan passion atau

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *