Teropong Bisnis | Homepage
Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

0 Comments 🕔21.Apr 2016

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo Rate menggantikan suku bunga acuan lama (BI Rate lama). Menanggapi perubahan BI Rate, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) siap melakukan penyesuaian re-formulasi kebijakan bank sentral Indonesia ini. Nelson Tampubolon, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK, mengatakan bahwa penyesuaian ini wajib dilakukan dengan pertimbangan melihat respon yang disampaikan oleh stakeholder. Pihak OJK sendiri tidak akan langsung melakukan penyesuaian terhadap kebijakan yang baru dikeluarkan oleh BI ini, termasuk soal aturan capping suku bunga deposito. Nelson Dengan kata lain, OJK akan melakukan pengamatan terlebih dahulu baru kemudian menyesuaikan dengan kebijakan baru seperti yang dikeluarkan oleh BI. Pihaknya harus memberikan respon yang tepat berkaitan dengan kebijakan baru ini, tambah Nelson.

Masih seputar penetapan BI 7-Day Reverse Repo Rate, kebijakan baru yang dibuat oleh BI ini dapat membantu penurunan kredit dan suku bunga deposito sesuai saran pemerintah. Pemerintah menginginkan suku bunga single digit atau suku bunga di bawah 10 persen. Terlebih saat ini dengan adanya kebijakan capping suku bunga deposito, jenis suku bunga deposito di lingkungan perbankan sudah banyak yang mengalami penurunan. Muliaman D. Hadad selaku Ketua Dewan Komisioner OJK menjelaskan bahwa proses penyesuaian yang dilakukan oleh OJK terhadap perubahan suku bunga acuan opsinya masih terbuka lebar. Peraturan capping suku bunga deposito memang sengaja dibuat oleh OJK sebagai langkah pengawasan atau supervisi action terhadap bank-bank besar. Capping suku bunga deposito hanya berlaku untuk bank-bank kelas besar saja. Capping itu sendiri bersifat preventif. Risiko likuiditas juga dapat dikontrol dengan baik dengan harapan suku bunga tidak mengalami peningkatan lagi.

Muliaman menambahkan, sebelum aturan capping suku bunga diaplikasikan, capping harus sudah ada dengan nilai suku bunga yang lebih besar dari nilai suku bunga harian di pasar. Ia juga mengatakan, dengan atau tanpa pemberlakuan capping, pasar tidak akan terpengaruh. Dengan capping, diharapkan tidak ada kenaikan nilai suku bunga yang signifikan karena nilai tertinggi sudah ditetapkan oleh OJK. Jadi, bank-bank besar tidak bisa lagi memberlakukan nilai suku bunga di atas nilai suku bunga tertinggi yang ditetapkan oleh OJK.

BI 7-Day Reverse Repo Rate adalah suku bunga terbaru dengan tenor 7 hari. Sebelumnya, suku bunga lama/ BI Rate mempunyai tenor hingga 12 bulan. Suku bunga ini akan berlaku mulai tanggal 19 Agustus mendatang. Tujuan utama BI memberlakukan suku bunga baru yaitu untuk memperdalam pasar uang di Indonesia sekaligus menyesuaikan peranan terbaik bank sentral Indonesia di mata dunia. Menurut pejabat BI, BI Rate dinilai kurang efektif dalam mengendalikan suku bunga antar bank besar. Hal ini disebabkan oleh karena adanya dampak dari berlakunya kebijakan quantitative easing yang dikeluarkan oleh Federal Reserve (Bank Sentral Amerika Serikat).

Suku Bunga Acuan

Similar Articles

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

3 Poin Terpeting untuk Mewariskan Investasi Reksadana Anda

3 Poin Terpeting untuk Mewariskan Investasi Reksadana Anda 0

Investasi reksadana mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Investasi ini biasanya digunakan sebagai investasi jangka

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *