Teropong Bisnis | Homepage
Rencana Ekspansi Bank BJB di Tahun 2014

Rencana Ekspansi Bank BJB di Tahun 2014

0 Comments 🕔28.Mar 2014

Kabar baik sedang menyelimuti PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau BJB. Pasalnya, pada acara RUPST atau Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Bank tersebut mencapai kesepakatan mengenai porsi pembagian dividen. Porsi pembagian dividennya sendiri mencapai 55% atau sekitar Rp. 735.5 miliar dari laba bersih tahun 2013 lalu.

Sebagai informasi, laba bersih tahun lalu mencapai angka Rp. 1.37 triliun atau Rp. 78 per lembar saham. Dijelaskan oleh Direktur  Utama Bank BJB, Bien Subianto bahwa ada masih ada sisa laba di tahun 2013 sebesar 45% atau Rp. 616.5 miliar. Sisa laba tersebut rencananya akan diserap oleh pihak perseroan sebagai cadangan.

Kabar baiknya lagi, nilai dividen yang disebutkan di atas mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pihak PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk menyadari bahwa modal sangatlah berpengaruh bagi kinerja mereka. Untuk itulah, tahun ini pihaknya juga akan menekankan pada struktur permodalan.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Bank BJB akan menerbitkan obligasi yang rencananya akan diterbitkan pada semester I tahun 2014. Nilai obligasi tersebut sebesar Rp. 2.5 triliun. Namun, pihaknya masih terus melakukan kajian terlebih dahulu sebelum dilakukan regulasi. Perlu Anda ketahui bahwa Bank BJB telah memasuki buku III namun perseoran ini masuk belum memiliki rencana untuk berekspansi di luar negeri.

nilai tukar rupiah, ekspansi, bank bjb, tahun 2014, perbankan

Di sisi lain, secara aturan perseroan ini sudah diperbolehkan melakukan ekspansi. Pihaknya justru melakukan strategi lain yaitu dengan memperluas pasar di sekitar Jawa Barat. Saat ini pihak Bank BJB sudah membuka kantor kas di seluruh kecamatan di Jawa Barat. Strategi ini sudah dipastikan oleh Djamal Muslim selaku Direktur Operasi Bank BJB. Rencana tersebut hanya perlu menunggu keputusan pemerintah di daerah terkait.

Setelah rencana pembukaan kantor kas di kecamatan di seluruh Jawa Barat disetujui oleh pemerintah daerah, rencananya pihak BJB juga akan meneruskan ekspansi mereka dengan membuka kantor kas di desa seluruh Jawa Barat.

Di pihak lain, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan telah menerima laporan tersebut dan melakukan penilaian terhadap kinerja Bank BJB. Menurutnya kinerja bank ini dinilai baik dengan beberapa fakta. Contohnya, Ahmad Heryawan melihat adanya pertumbuhan laba yang memang naik secara signifikan. Lebih lanjut lagi, Pemprov Jawa Barat juga merasakan dampak dari pertumbuhan laba tersebut.

Laba sebesar Rp. 260 miliar akan dimasukkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD.

Pemprov Jawa Barat sendiri menghimbau kepada pihak Bank BJB untuk terus mempertahankan kinerja mereka dan bahkan meminta mereka untuk meningkatkan kinerja agar laju pertumbuhan laba semakin pesat. Sinyal semacam ini bisa membawa angina segar bagi BJB untuk merealisasikan rencana ekspansi dalam negeri mereka tersebut.

nilai tukar rupiah, ekspansi, bank bjb, tahun 2014, perbankan

BACA JUGA:

BRI Menyebarkan Dividen 6 Triliun Lebih, Apa yang Terjadi Sebenarnya?

MEA Sudah Dekat, Industri Asuransi Belum Siap

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *