Teropong Bisnis | Homepage
PT Bank Danamon Bergerak Stabil Meskipun Mengalami Penurunan

PT Bank Danamon Bergerak Stabil Meskipun Mengalami Penurunan

0 Comments 🕔20.Jul 2013

PT Bank Danamon saat ini mengalami perkembangan dengan stabil. Hal ini terbukti dengan laba bersih yang mereka peroleh sepanjang semester satu ini. Bank Danamon dikabarkan menerima laba dengan jumlah yang mencapai 1,9 Trilliun Rupiah. Jumlah ini tentu saja bukanlah jumlah yang sedikit dan menunjukan bahwa Bank Danamon memiliki kompetisi yang cukup baik dalam menjalankan layanan perbankan yang menguntungkan bagi semua pihak, terutama para nasabahnya. Jumlah yang turun itu tentu saja merupakan jumlah yang tidak begitu bagus bagi perkembangan Bank Danamon, mengingat jumlah penurunan yang mereka terima adalah 1%. Tahun lalu saja mereka mendapatan laba dengan jumlah 2 triliun. Meskipun tercatat jumlahnya cukup banyak, namun tetap saja angka 1,9 Trilliun adalah angka penurunan yang signifikan.

PT-Bank-Danamon-Bergerak-Stabil-Meskipun-Mengalami-Penurunan-4

Alasan Menurunnya Laba Bank Danamon

Vera Eve Lim, Direktur Keuangan dari Bank Danamom, mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang membuat laba saat ini menjadi cukup stabil, salah satunya adalah pertambahan jumlah nasabah yang banyak didapatkan oleh Bank Danamon. Meskipun saat ini BI menaikan suku bunga acuannya menjadi 6,5%, bukan berarti Bank Danamon malah semakin menunjukan grafik turun, sebaliknya mereka malah mampu untuk tetap stabil dalam memperoleh income setiap pekannya. Penurunan laba yang terjadi, menurut Eva adalah sesuatu yang sudah lumrah terjadi dalam semua layanan perbankan, namun demikian jika mereka mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh Bank mereka, tentu saja ada kemungkinan pekan depan laba yang didapatkan akan lebih bagus lagi.

Pertumbuhan Kredit Memicu Berkurangnya Laba

Pertumbuhan kredit agaknya menjadi salah satu pemicu utama yang menjadikan turunnya laba yang didapatkan oleh Bank Danamon. Pertumbuhan kredit kini mengalami kenaikan hingga jumlahnya 12 persen akibat kebijakan Bank Indonesia. Pembiayaan tidak tumbuh tinggi juga dikarenakan banyaknya layanan kredit kendaraan bermotor yang juga menaikan KKB mereka. Ini tentu saja membuat aturan uang muka minimal yang harus dibayarkan oleh pelanggan mengalami kenaikan yang signifikan pula. Menurut Vera, sebenarnya porsi bagi KKB tersebut memiliki potensi yang sangat besar, dan jumlahnya hampir mencpai 37%.

Jumlah ini telah dihitung pula oleh pihak Bank Danamon. Hal ini dikarenakan Perseroan mengalirkan KKB yang dimilikinya melalui anak usaha yang dimiliki, mereka adalah Adira Finance. Selama enam bulan pertama di tahun 2013 memang Bank Danamon hanya mengalami pertumbuhan dengan jumlah sebesar 3% saja. Jumlah signifikannya adalah 44,6 Trilliun Rupiah menjadi 46 Trilliun Rupiah. Namun demikian, Fed Based Income yang didapatkan tak tumbuh terlalu besar juga karena hanya mengacu pada presentase 9%. Ini masuk ke dalam posisi 2,4 Trilliun pada periode yang sama seperti semester sebelumnya. Total pos pendapatan yang diperoleh Bank Danamon tercatat berjumlah 2,2 Trilliun. Pendapatan Fed Based Income banyak yang berasal dari Asuransi Adira.

PT-Bank-Danamon-Bergerak-Stabil-Meskipun-Mengalami-Penurunan-3

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *