Teropong Bisnis | Homepage
Perlambatan Kredit Perbankan Sehingga BI Mengeluarkan Kebijakan Pengawasan

Perlambatan Kredit Perbankan Sehingga BI Mengeluarkan Kebijakan Pengawasan

0 Comments 🕔19.Aug 2013

Perlambatan-Kredit-Perbankan-Sehingga-BI-Mengeluarkan-Kebijakan-Pengawasan-1

Kredit perbankan nasional mengalami perlambatan, meskipun begitu pihak Bank Indonesia menyatakan siap untuk terus dan tetap mendorong kredit perbankan. Melalui Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah, pihak Bank Indonesia menyatakan tetap mendorong kredit perbankan meskipun ada beberapa sektor yang dalam pengawasan terkait dengan pengurangan resiko yang mungkin muncul dari kredit yang diberikan. Pernyataan tersebut diberikan Deputi Gubernur BI kepada Kompas.com pada tanggal 17 Agustus yang lalu di kantor Bank Indonesia. Hal tersebut menjadi bagian dari kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dalam mengawasi bank – bank yang menyalurkan kredit serta kemungkinan – kemungkinan untuk mengurangi resiko dari kredit – kredit yang disalurkan.

Dalam keterangan lain yang diberikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah, Bank Indonesia akan mengeluarkan kebijakan terkait melakukan review terhadap bank – bank yang menjadi penyalur kredit sebagai bagian dari pengawasan perkreditan nasional. “Bank Indonesia akan melakukan review mengenai kebijakan bidang perkreditan sekaligus mengenai langkah – langkah supervisory action sebagai tindakan pengawasan pada bank – bank penyalur kredit.” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah. Ada beberapa langkah – langkah pengawasan atau supervisory action yang akan dilakukan pihak Bank Indonesia pada bank – bank yang menjadi penyalur kredit kepada para nasabah seperti melihat likuiditas, pertumbuhan kredit yang terjadi serta NPL atau Non Performing Loan pada bank – bank yang menyalurkan kredit.

Halim Alamsyah menuturkan bahwa pengawasan dari Bank Indonesia akan terkait dengan pemantauan likuiditas, pertumbuhan kredit serta Non Performing Loan yang terjadi pada bank – bank tersebut dan semua aspek tersebut akan menjadi hal – hal yang perlu dikendalikan. Dari hasil pengawasan tersebut diharapkan akan memunculkan strategi dan kebijakan untuk kembali menggairahkan kredit perbankan nasional yang sedang lesu dan menurun. Fakta bahwa telah terjadi perlambatan kredit yang terjadi pada bulan Juni tahun 2013 dari 21,0 persen menjadi hanya 20,6 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya menjadi salah satu dasar untuk menggagas upaya kembali mendorong kredit perbankan nasional agar kembali bergairah.

Di tempat lain, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Peter Jacobs memberikan pernyataan pada hari Jumat 16 Agustus lalu bahwa pihak Bank Indonesia masih terus mencermati pertumbuhan kredit yang masih cukup tinggi di beberapa bank, lembaga – lembaga keuangan lain serta sektor – sektor ekonomi lain seperti sektor ekonomi dengan kandungan impor yang cukup tinggi, kandungan impor yang tinggi dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada kinerja industri perbankan dan juga mempengaruhi kestabilan sistem keuangan nasional secara keseluruhan. Meskipun begitu, Peter Jacobs juga menambahkan bahwa industri perbankan Indonesia masih memiliki ketahanan yang cukup solid dan stabilitas keuangan masih cukup terjaga meskipun terjadi perlambatan dalam kredit perbankan.

Perlambatan-Kredit-Perbankan-Sehingga-BI-Mengeluarkan-Kebijakan-Pengawasan-3

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *