Teropong Bisnis | Homepage
Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia

Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia

0 Comments 🕔16.May 2013

Menurut pakar perbankan, dunia perbankan di Indonesia kini sedang memasuki fase baru dalam perkembangannya. Sudah hampir tiga belas tahun, perbankan syariah di Indonesia kian berkembang dan bahkan bisa dikatakan sudah cukup maju. Selama kurang lebih tiga belas tahun juga perbankan syariah sedang tahap evaluasi terhadap kinerja/performa dalam hal melayani para nasabah. Berdasarkan data Bank Indonesia tahun 2005, saat ini sudah terdapat tiga Bank Umum Syariah (BUS) dan tujuh belas Unit Usaha Syariah, serta sembilan puluh bank prekreditan rakyat syariah yang telah beroperasi.

Banyaknya lembaga keuangan yang berasaskan syariah ini tentu saja dapat membantu para nasabah pada khususnya dan Indonesia sendiri meningkat dalam hal partisipasi perekonomiannya. Sejumlah lembaga keuangan syariah ini juga menjadi potensi besar untuk masa depan. Meskipun aset perbankan syariah masih tergolong kecil dari total aset perbankan nasional, yaitu hanya sebesar 1,35 persen saja, namun perannya dalam perekonomian sudah terlihat cukup menonjol.

Pembenahan–pembenahan yang perlu dilakukan oleh pihak pemerintah RI terkait dengan pengembangan perbankan syariah

Agar asetnya semakin meningkat, tentu harus ada pembenahan-pembenahan yang harus dilakukan demi peningkatan pelayanan perbankan syariah terhadap para nasabahnya. Salah satu penguatan posisi perbankan syariah di kancah nasional, pemerintah akan membantu seiring dengan sedang dilaksanakannya Arsitektur Perbankan Indonesia (API).

Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia

Pihak pemerintah berharap bahwa fungsi dan peran perbankan syariah harus lebih mantap dan strategis serta mampu bersaing dengan perbankan nasional. Selain itu, eksistensi perbankan syariah juga harus lebih kuat terhadap kondisi perekonomian Bangsa Indonesia di masa depan.

RUU Perbankan Syariah

Ada sedikit catatan yang perlu diperhatikan dan bahkan sebaiknya segera diaplikasikan oleh pihak pengelola perbankan syariah agar tetap eksis dan mampu perkembang menghadapi persaingan ekonomi global. Salah satunya yaitu tetap konsisten terhadap pelaksanaan nilai-nilai persyariatan dalam menjalankan sistem operasional perbankan syariah. Catatan lainnya yang perlu diperhatikan yaitu belum adanya undang-undang khusus yang mendasari pelaksanaan operasional perbankan syariah di Indonesia.

Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia

Jika melihat respon positif dari masyarakat yang mendukung penuh pembentukan perbankan syariah di Indonesia, sepertinya pemerintah pusat harus segera membuat undang-undang baru seputar perbankan syariah. Tentunya dengan adanya pemberlakuan undang-undang baru mengenai perbankan syariah, akan ada banyak hal yang mungkin dapat terselesaikan seperti perizinan, perbankan syariah sebagai bagian dari arsitektur perbankan nasional, pengembangan perbankan syariah, fungsi pengawasan, persoalan merger, dan masih banyak hal lainnya.

Kini tanggung jawab pembentukan undang-undang yang berkaitan dengan perbankan syariah menjadi tanggung jawab para anggota legeslatif  khususnya dari fraksi-fraksi yang berbasis Islam untuk membentuk RUU Perbankan Syariah agar dapat segera disahkan dan diaplikasikan. Dengan adanya sedikit pembenahan ini, diharapkan perbankan syariah ke depannya dapat berperan dan berfungsi secara optimal dalam hal menggerakan dan mengembangkan sektor riil serta untuk membangun perekonomian masyarakat Indonesia pada khususnya.

Gambar: republika.co.id; detik.com

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *