Perkembangan Bisnis Perbankan di Indonesia

Teropong Perbankan
Perkembangan-Bisnis-Perbankan-di-Indonesia-1

Perkembangan bisnis perbankan saat ini tengah tumbuh semakin pesat, hal ini juga diungkapkan oleh Mantan Wakil Presiden Indonesia, Yusuf Kalla. Beliau menghimbau kepada seluruh pebisnis yang beraktivitas di layanan perbankan untuk menurunkan suku bunganya. Pasalnya hal ini sangat penting agar mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan juga meningkatkan potensi dari bisnis perbankan itu sendiri. Beliau juga menambahkan bahwa sebuah Negara bisa dikatakan sebagai Negara maju apabila memiliki sejumlah persaingan. Penurunan jumlah suku bunga dari perusahaan perbankan tentunya akan membuat layanan lain yang serupa menjadi makin kompetitif. Dalam hal bunga kredit, pemilik layanan perbankan harus mengeluarkan kebijakan yang ringan pula supaya bisa memberikan kemudahan bagi para nasabah yang menggunakan layanan tersebut.

Perkembangan-Bisnis-Perbankan-di-Indonesia-2

Yusuf Kalla Menjelaskan Langkah Mengembangkan Potensi Bisnis Perbankan

Saat memberikan sambutannya di Acara Seminar Formulasi Kebijakan Ekonomi dan Politik, Yusuf Kalla memaparkan bahwa Negara maju di luar sana telah banyak yang menerapkan sistem bunga perbankan yang rendah. Alhasil, banyak masyarakat yang menggunakan layanan ini untuk menunjang aktivitas bisnis yang mereka lakukan. Ditambah lagi, saat ini beliau juga sedang marah betul dengan Bank Indonesia. Hal ini jelas dikarenakan BI masih saja menerapkan bunga tertinggi di sistem perbankan nasional. Bunga yang terlalu tinggi dan mencekik tersebut sewajarnya harus dikurangi agar para nasabah tidak semakin sulit untuk mengatasi masalah bunga yang besar tersebut.

Bisnis Perbankan dengan Bunga yang Tinggi Semakin Mempersulit Nasabah

Ini merupakan salah satu rekomendasi yang diberikan oleh beliau terkait dengan pemilu 2014 yang akan berlangsung tak lama lagi. Dalam hal ini, beliau menghimbau pula agar semua calon yang ingin menjabat sebagai presiden memperhatikan hal yang satu ini. Bunga Bank bagaimanapun juga harus direvisi lagi jumlahnya. Akan lebih baik jika para investor dan pemilik layanan perbankan tersebut mencari referensi dari Negara-negara maju mengenai apa kiat yang mereka lakukan sehingga bisa mendirikan sebuah perusahaan perbankan dengan bunga yang tidak banyak. Pasalnya saat ini banyak masyarakat yang tidak sadar bahwa banyak layanan perbankan yang sudah mengeruk banyak keuntungan dari bunga yang tinggi. Beliau mengungkapkan bahwa ini sama saja dengan merampok uang masyarkat secara tenang.

Yusuf Kalla menginginkan agar semua layanan perbankan yang ada di Indonesia memikirkan betul atas hal ini. Menurunkan suku bunga kredit bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Jika hal ini mampu untuk diterapkan maka akan mampu meningkatkan lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia dan juga mengurangi angka pengangguran yang ada saat ini. Di sisi lain, meskipun JK menyadari bahwa BI masih saja menerapkan sistem bunga yang tinggi, beliau memuji sisi independen dari bank BI yang sama sekali tidak terpengaruh akan kebijakan apapun. Tujuan utama bank BI melakukan hal tersebut adalah menjaga stabilitas moneter dan juga industri keuangan yang ada di Indonesia.

Perkembangan-Bisnis-Perbankan-di-Indonesia-3

Be Sociable, Share!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *