Teropong Bisnis | Homepage
OJK: Bank Syariah Hadapi Perebutan Dana Nasabah yang Ketat

OJK: Bank Syariah Hadapi Perebutan Dana Nasabah yang Ketat

0 Comments 🕔16.Apr 2014

Otoritas Jasa Keuangan atau yang biasa disebut dengan OJK menengarai bahwa pertumbuhan perbankan syariah sedikit lambat pada tahun 2013 silam. Hal ini terjadi karena cukup banyak perbankan syariah yang mengalami persaingan perebutan dana pihak ketiga yang ketat pada tahun lalu sehingga pertumbuhannya menjadi kurang optimal.

“Pada tahun kemarin perkembangan bisnis perbankan syariah sedikit rendah dari apa yang diharapkan. Pertumbuhan asetnya hanya mencapai angka 24.2 % atau 20 sampai 21 miliar dollar Amerika Serikat pada tahun 2013 kemarin,” ucap Edy Setiadi selaku Kepala Pengawasan Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan dalam sebuah diskusi yang bertajuk mempromosikan ekonomi syariah di Indonesia secara nasional pada hari Selasa kemarin (15/4).

Pertumbuhan bisnis perbankan syariah yang cukup rendah ini diakui oleh Edy karena seharusnya memang lebih tinggi dari angka tersebut. Pasalnya angka pertumbuhan aset yang hanya mencapai 24,2 % masih tergolong sangat rendah untuk sebuah perbankan. Berdasarkan evaluasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), disimpulkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya perkembangan pertumbuhan pada perbankan syariah.

“Yang pertama, ada kompetisi yang ketat untuk mendapatkan dana dari pihak ketiga. Apalagi kompetisi dengan bank konvensional sangatlah ketat. Hal ini juga disebabkan karena kondisi faktor makroekonomi. Tidak sampai di situ saja, pada kuartal III tahun 2013 kemarin, tingkat suku bunga juga mulai naik,” tutur Edy.

nilai tukar rupiah, perbankan, bank syariah, ojk, nasabah

Keadaan makro ekonomi yang tidak stabil seperti terjadinya gejolak inflasi, tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kinerja perbankan syariah, terutama dalam hal penyaluran kredit. Non performing fund atau rasio dana macet pada perbankan syariah juga dianggap cukup tinggi daripada bank konvensional yaitu sekitar 3 % pada tahun 2013.

“Adanya inflasi itu sangat mengganggu proses penyaluran kredit perbankan syariah yang diperlihatkan dengan rasio dana macet tahun 2013 sebesar 3 %. Sementara itu rasio kredit macet perbankan konvensional sendiri lebih rendah yaitu hanya pada kisaran 1.6 %,” jelas Edy.

Untuk tahun 2014 sekarang ini, Edy juga mengungkapkan regulator memperkirakan pertumbuhan aset pada perbankan syariah mampu menembus sampai sekitar 60 % atau 70 %. Untuk mendukung pertumbuhan aset perbankan syariah tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerbitkan beberapa peraturan untuk membantu mendorong pertumbuhan pasar.

“Kami mengakui bahwa kompetisi saat ini memang cukup berat. Namun pada tahun 2015 sepertinya akan semakin lebih berat lagi. Pasalnya nantinya akan ada Masyarakat Ekonomi Asean. Selain itu, permintaan pasar juga akan menuntut agar perbankan syariah lebih kompetitif agar nantinya dapat mempertahankan pertumbuhan yang stabil,” pungkas Edy.

Walaupun pertumbuhan perbankan syariah rendah pada tahun 2013 kemarin, bukan tidak mungkin perbankan syariah akan tumbuh dan berkembang di tahun ini. Apalagi saat ini juga semakin banyak masyarakat yang tertarik dengan bank syariah.

Sumber:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/04/15/1246420/OJK.Bank.Syariah.Hadapi.Ketatnya.Perebutan.Dana.Nasabah

nilai tukar rupiah, perbankan, bank syariah, ojk, nasabah

BACA JUGA:

Multijasa IB: Solusi Pendidikan dari Bank Syariah

BPR Syariah Tawarkan Dana untuk UKM

Similar Articles

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh? 0

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu... pokoknya having

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim! 0

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015

Bank Indonesia Mempersembahkan; Indonesia Shari’a Economic Festival 2015 0

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sudah pasti mempunyai potensi besar dalam

BPR Syariah Tawarkan Dana untuk UKM

BPR Syariah Tawarkan Dana untuk UKM 0

Saat ini memang banyak sekali orang yang akhirnya memilih membuat bisnis rumahan atau berskala kecil

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *