Teropong Bisnis | Homepage
Perbankan Syariah dan Pendidikannya

Perbankan Syariah dan Pendidikannya

0 Comments 🕔10.Apr 2013

Di Indonesia, cukup banyak lembaga keuangan seperti lembaga perbankan yang menggunakan prinsip syariah sebagai sistem operasional utama karena dinilai sangat cocok dengan nilai-nilai syariat Islam yang mana nilai-nilai syariat Islam ini adalah nilai-nilai yang menjadi pedoman bagi mayoritas masyarakat Indonesia yang notabene adalah masyarakat yang dominan beragama islam.

Perbankan syariah itu sendiri memiliki pengertian  suatu bank yang menjalankan segala kegiatan usahanya dengan menggunakan prinsip dasar Syariah. Ada dua jenis perbankan Syariah, yaitu Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dan Bank Umum Syariah. Prinsip-prinsip dasar Syariah dalam istilah perbankan Syariah merupakan prinsip-prinsip kegiatan perbankan yang mengacu dan berdasarkan pada hukum-hukum Islam yang sesuai dengan fatwa yang sudah diputuskan oleh lembaga Islam yang berwenang menetapkan fatwa di bidang Syariah.

Program Studi di Bidang Perbankan Syariah

Semakin berkembangnya perbankan Syariah, semakin banyak staf perbankan Syariah yang bertugas untuk menjalankan semua kegiatan operasional perbankan Syariah yang bersangkutan. Untuk mencukupi kebutuhan jumlah permintaan staf ahli di bidang perbankan Syariah, baru-baru ini  telah dibuka program studi baru Universitas Indonesia yang disebut Program Studi TI Perbankan Syariah. Program studi ini selain tergolong program studi baru, TI Perbankan Syariah ini juga tergolong program studi unggulan.

Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya ribuan peminat tiap tahunnya. Ribuan calon mahasiswa Program Teknologi Informasi Perbankan Syariah ini terus meningkat karena dipengaruhi oleh adanya dorongan dari calon mahasiswa baru yang sangat berminat untuk mengembangkan perbankan syariah di Indonesia.  Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang bekerja sama dengan UIN (Universitas Islam Negeri Jakarta) telah membuka tiga  jurusan, yaitu Teknik Informatika (TI), Sistem Informasi (SI), dan Manajemen Informasi Perbankan Syariah.

Program TIPS dan Perbankan Syariah

Program Teknologi Informasi Perbankan Syariah (TIPS) ini mulai dibuka sejak tahun 2011 dan kini akan dibuka  kembali untuk tahun angkatan ke-3 yaitu angkatan tahun 2013-2014. Proses kegiatan belajar akan diselenggarakan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia untuk masa belajar 2 tahun (jenjang D2) dan kemudian akan dilanjutkan dengan jenjang S1 yang bertempat di Universitas Islam Negeri Jakarta. Ada banyak alasan mengapa banyak orang yang berminat menjadi mahasiswa baru program studi baru ini.

Jawabannya adalah karena program TIPS ini memiliki banyak keunggulan seperti: Dua PTN terkenal sebagai penyelenggaranya,  perolehan sertifikat professional dan ijazah S1 dari UIN Jakarta, perolehan dua sertifikat internasional (FORESEC dan PASAS), adanya mitra kerjasama dengan sejumlah lembaga keuangan Syariah, tenaga pengajar yang professional dan berpengalaman, fasilitas pembayaran yang modern dan lengkap, perolehan bimbingan dari pakar perbankan Syariah, dan masih banyak keunggulan lainnya.

Bagi Anda yang berminat menjadi mahasiswa program TIPS ini, Anda bisa mengakses langsung situs resmi FTUI atau situs resmi kampus 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Anda akan mendapatkan form pendaftaran secara online dari dua situs resmi tersebut.

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *