Teropong Bisnis | Homepage
Pentingnya Sistem Pembukuan Bisnis Untuk Mendapatkan Kredit Dari Bank

Pentingnya Sistem Pembukuan Bisnis Untuk Mendapatkan Kredit Dari Bank

0 Comments 🕔11.Feb 2014

Menjalankan bisnis memang menyenangkan namun jika bisnis berjalan ditempat maka juga akan sangat membosankan. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan suntikan dana segar agar bisnis Anda berkembang. Dukungan dari pihak lembaga keuangan memang sangat diperlukan.

Walaupun begitu, tidak semua Usaha Kecil Menengah atau UKM mendapatkan dana tersebut bahkan dengan adanya program pemerintah yaitu KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Ada satu hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda sedang melakoni usaha kecil atau menengah dan sedang membutuhkan suntikan dana.

Hal penting tersebut adalah sistem pembukuan bisnis yang benar dan lengkap. Walaupun terlihat sepele namun justru pihak bank akan ragu untuk memberikan kredit usaha hanya karena pembukuan bisnis Anda yang amburadul. Faktanya, pembukuan bisnis tersebut digunakan oleh pihak bank untuk memastikan kelayakan bisnis Anda.

Pihak pemberi dana tersebut memang membutuhkan analisa dengan melihat laporan data penjualan atau secara kuantitatif. Selain itu, mereka juga memeriksa sistem pembukuan bisnis Anda untuk melakukan analisa laporan kapasitas individu atau secara kualitatif. Secara spesifik, pihak bank akan melakukan analisa keuangan mendalam dengan cara melihat sistem administrasi bisnis Anda atas catatan penjualan.

perbankan, layanan bank, pembukuan, ekonomi

Tentu saja, untuk memenuhi syarat ini, Anda harus memiliki pembukuan bisnis sederhana khususnya dalam pembelian dan penjualan. Pola kerja bisnis Anda juga akan mempengaruhi modal yang akan Anda dapatkan. Contohnya, Anda harus melihat skema transaksi dimaana biasanya terdapat 2 tipe. Tipe tersebut adalah pembayaran cash dan termin waktu bayar.

Jika bisnis Anda sudah membesar, Anda juga bisa meminta dilakukan pembayaran uang muka pekerjaan terlebih dahulu. Hal ini sangat berguna untuk memastikan cash flow bisnis terus berjalan dengan baik. Jika Anda sudah memiliki sistem pembukuan bisnis maka pihak bank akan melakukan langkah selanjutnya.

Langkah tersebut adalah dengan melakukan evaluasi dari catatan keuangan bisnis Anda tersebut. Selain menyiapkan pembukuan bisnis untuk memenuhi persyaratan atau setidaknya menarik perhatian pihak bank, Anda juga perlu menyiapkan hal lain. Dalam hal ini Anda harus menyediakan agunan guna menunjang permohonan kredit Anda tersebut.

Sebenarnya, pilihan untuk menggunakan pihak perbankan untuk menunjang bisnis sangat tergantung dari Anda sendiri. Analisa dulu perkembangan bisnis Anda dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun. Jika memang memungkinkan maka silakan untuk mengajukan kredit dana segar ke pihak terkait dengan catatan menyiapkan terlebih dahulu pembukuan bisnis yang baik, lengkap, dan benar.

Jika Anda belum memiliki pembukuan dalam bisnis, maka silakan pelajari terlebih dahulu mengenai bagaimana cara membuat pembukuan bisnis. Semoga dengan membuat pembukuan bisnis yang baik, Anda bisa segera mendapatkan dana segar untuk mengembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih baik.

perbankan, layanan bank, pembukuan, ekonomi

BACA JUGA:

Program Baru Dari Bank Muamalat Tbk Dan PT Pos Indonesia

Penambahan Modal Baru CIMB Group 13,1 T

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *