Teropong Bisnis | Homepage
Peningkatan Pasar Perbankan Syariah Melalui Konversi

Peningkatan Pasar Perbankan Syariah Melalui Konversi

0 Comments 🕔28.May 2013

Pasar perbankan syariah akan lebih kondusif dan mencapai angka 7 persen jika diterapkan konversi satu dari bank pemerintah. Hingga saat ini, perbankan syariah punya pasar yang sangat besar. Dengan jumlah keseluruhan aset sebesar 200 triliun rupiah, pasar ini menempati posisi 4,7 persen. Jumlah tersebut telah dibandingkan dengan keseluruhan dari jumlah perbankan nasional.

Peluang Syariah dalam Perbankan Nasional

Hal itu dijelaskan oleh Riyanto, Direktur Utama Bank Syariah Bukopin (BSB) hari Rabu, 22 Mei kemarin. Menurutnya, syariah punya peluang besar dalam dunia perbankan nasional. Namun, ada satu ganjalan besar yang harus dihadapi oleh para pelaku perbankan syariah. Masalah tersebut adalah persoalan edukasi. Kekuatan perbankan syariah akan sangat tergantung pada jumlah pelaku pasar yang masuk. Dengan kata lain, penetrasi pasar masih harus dikembangkan pada titik-titik yang potensial. Pihak BSB sendiri sedang berusaha meluaskan penetrasi pasar sekaligus peningkatan pelayanan. Terakhir adalah kerjasama yang dilakukan dengan  PT AETRA Air Tangerang. Di Tangerang, BSB menargetkan investasi kantor cabang sebelum 7 bulan.

Peningkatan Pasar Perbankan Syariah Melalui Konversi

BSB didirikan pada tahun 2007 dengan peningkatan yang positif. Tercatat bahwa pada tengah tahun 2013, jumlah aset BSB mencapai 3,8 triliun rupiah dari 460 miliar rupiah. Sementara itu, biaya operasional terus meningkat dari 300 miliar hingga 2,7 triliun. BSB juga telah membuka banyak cabang yang terus didirikan di berbagai wilayah tanah air. Ada sekitar 95 gerai yang yang dimiliki oleh BSB dengan sebagan besar pelayanan yang ditangani langsung oleh Bank Bukopin.

Dua Usulan Konversi Perbankan Syariah

Demi mencapai pasar perbankan syariah yang lebih kuat, wacana mengenai konversi diusulkan dalam 2 pilihan. Pertama adalah dengan menggabungkan seluruh bank pemerintah syariah. Ada beberapa bank yang tercatat seperti Unit Usaha Syariah BTN, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri dan  BNI Syariah. Jika usulan itu disepakati dan direalisasikan, diprediksikan jumlah keseluruhan pasar bank tersebut akan mencapai nilai sekitar 44,5 persen. Sebelumnya pada tahun 2012, empat bank tersebut memiliki aset sebesar 86,78 triliun. Total dari keempat modal inti dari bank tersebut adalah sebesar 7,1 triliun. Apabila keempat bank tersebut digabungkan jadi satu, maka bank baru tersebut akan masuk ke dalam kategori III dalam klasifikasi Bank Umum Kegiatan Usaha.

Lalu bagaimana dengan pilihan kedua? Diusulkan supaya konversi diterapkan pada salah satu bank pemerintah menjadi bank syariah. Usulan ini juga dianggap menguntungkan karena akan memudahkan peluasan pasar syariah di seluruh tanah air. Apalagi, saat ini syariah menjadi pilihan populer bagi sebagian masyarakat untuk berbagai pembiayaan sektor bisnis dan industri. Dengan kata lain, pasar perbankan adalah peluang menjanjikan bagi para pelaku bisnis di tanah air. Oleh sebab itu, pemerintah dan pihak swasta harus bisa beradaptasi dan menghadapi tantangan dari perbankan syariah.

Gambar: indonesiarayanews.com

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *