Teropong Bisnis | Homepage
Peningkatan Laba Perbankan Indonesia

Peningkatan Laba Perbankan Indonesia

0 Comments 🕔12.Jun 2013

Laba perbankan merupakan peningkatan jumlah modal usaha yang dimiliki bank tersebut, baik karena pertumbuhan jumlah suku bunga maupun investasi. Bank Indonesia sekarang ini mencatat bahwa bank-bank umum yang ada di Indonesia telah mengalami peningkatan laba hingga belasan triliun.

11 Triliun dalam 3 Bulan Pertama

Berita mengenai peningkatan laba yang dialami bank-bank umum Indonesia pertama kali diberikan oleh Bank Indonesia yang  melaporkan bahwa pada 3 bulan pertama di tahun 2013 ini, laba yang diperoleh oleh bank-bank umum Indonesia telah mencapai angka Rp 11,33 triliun. Angka tersebut tentu saja membuat banyak pihak tercengang, baik pemerintah, investor, nasabah, dan lain sebagainya. Pada kenyataannya, bila Anda bandingkan laba tersebut dengan laba terakhir yang diperoleh pada 3 bulan terakhir di tahun 2012 lalu telah terjadi peningkatan jumlah laba sebesar 10,63%. Pada 3 bulan terakhir tahun 2012, Bank Indonesia melaporkan bahwa jumlah laba bank-bank umum Indonesia masih berkisar diangka Rp. 10,27 triliun.

Dalam kaitannya dengan peningkatan jumlah laba perbankan Indonesia tersebut di tahun 2013, Bank Indonesia sendiri juga memberikan komentarnya. Mereka mengatakan bahwa peningkatan laba tersebut tentu saja akan berdampak positif pada keseluruhan aspek ekonomi yang dimiliki Indonesia. Tentu saja hal ini akan mendukung kestabilan ekonomi Indonesia. Bank Indonesia juga mencatat terjadinya peningkatan secara signifikan mengenai aset perbankan tersebut yang mengalami kenaikan sebesar 1,20%. Dengan adanya kenaikan aset tersebut, Bank Indonesia menambahkan komentarnya mengenai bagaimana perbankan Indonesia masih tetap mendominasi sistem keuangan RI yang memiliki pangsa lebih dari 70%.

Tentu saja berita mengenai peningkatan laba yang diperoleh perbankan Indonesia telah membuat banyak pihak mengalami keuntungan, terutama mereka yang memiliki produk investasi pada bank-bank umum tertentu dimana mereka menjadi nasabahnya. Pemerintah pada kenyataannya juga mengalami keuntungan tentunya dari peningkatan laba tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bank memiliki potensi dan juga pengaruh besar terhadap kondisi keuangan negara tersebut. Bila diperhatikan, tentu saja pertumbuhan nilai laba bank tersebut dipengaruhi juga oleh kualitas bisnis yang menggunakan bantuan bank-bank umum tersebut. Semakin tinggi produktivitas bisnis-bisnis tersebut maka semakin baik pertumbuhan laba bank yang terkait. Baca informasi lebih jauh pada media yang ada, termasuk online tentunya.

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *