Teropong Bisnis | Homepage
Panik, ATM Mandiri Terblokir Tiba-Tiba!

Panik, ATM Mandiri Terblokir Tiba-Tiba!

0 Comments 🕔14.May 2014

ATM menjadi salah satu fitur yang sangat membantu para nasabah bank. Dengan ATM, transfer antar rekening, penarikan uang atau pembayaran berbagai tagihan dapat dilakukan dengan mudah. Akan tetapi, banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang mencoba menyalahgunakan fitur ATM ini. Hasilnya, banyak terjadi kejahatan seperti pembobolan rekening melalui kartu ATM dan lainnya.

Adanya kejahatan diatas juga dicermati oleh PT Bank Mandiri (Tbk), salah satu bank besar di Indonesia. Mereka melakukan beberapa langkah untuk mencegahnya, salah satunya adalah dengan pemblokiran ATM Mandiri. Hal ini dilakukan karena Bank Mandiri menengarai ada ribuan kartu ATM nasabahnya yang terkenan masalah diatas.

Hal ini juga diungkapkan oleh Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Tbk). Dia mengatakan hal ini harus dilakukan untuk mengamankan dana nasabah. Selain itu, menurutnya kasus yang terjadi pada ATM para nasabah ini berhubungan dengan kasus pembobolan sebesar Rp. 21 miliar di salah satu bank swasta. Oleh karena itu, pihaknya melakukan langkah cepat dengan pemblokiran ini untuk melindungi para nasabah.

Budi juga menambahkan, data yang didapat pihaknya menjadi dasar dilakukan pemblokiran ini. Menurut data ini, ada beberapa nasabah yang sudah melakukan transaksi dan terkena dampak kejahatan tersebut. Jadi, pemblokiran dirasa pihaknya perlu dilakukan untuk melindungi nasabah.

atm mandiri, perbankan, bank mandiri, nilai tukar rupiah, memblokiran atm

Memang, dengan dilakukan pemblokiran ini, maka pihak yang dapat mengakses ATM Mandiri hanyalah pihak Bank Mandiri saja. Artinya, pihak lain tidak dapat menyentuh dana yang tersimpan melalui ATM Mandiri. Dan, nasabah pun terlindungi dari kejahatan ini.

Tetapi, seperti yang disebutkan diatas, nasabah juga tidak dapat mengakses ATM Mandiri milik mereka. Padahal, mereka adalah pemilik yang sah ATM Mandiri tersebut. Hal ini pulalah yang menimbulkan kepanikan pada beberapa nasabah pada Senin, 12 Mei 2014 yang lalu.

Sebenarnya, pemblokiran ini tidak akan menjadi masalah. Sayangnya, pihak Bank Mandiri melakukan kesalahan pada hal ini, dengan tidak memberitahukan adanya pemblokiran ini kepada nasabah pemegang kartu ATM Mandiri.

Nasabah Bank Mandiri yang memperoleh pemberitahuan mengenai pemblokiran ini hanya sebagian. Sedangkan sebagian lainnya, tidak tahu adanya pemblokiran ini. Hal inilah yang menimbulkan kepanikan.

Pemblokiran ini tidak hanya dilakukan Bank Mandiri terhadap fitur ATM mereka. Layanan mobile banking dan SMS banking pun terkena pemblokiran ini. Hal ini menambah masalah pada nasabah yang tidak mendapatkan pemberitahuan.

Sempat terdengar isu bahwa pemblokiran ini dilakukan karena adanya aksi pembobolan pada data ATM Mandiri. Akan tetapi, pihak Bank Mandiri membantah hal tersebut. Pemblokiran ini dilakukan semata-mata hanya untuk pencegahan dini terjadinya aksi kejahatan tersebut. Hal ini juga dilakukan agar nasabah mendapatkan pelayanan terbaik dari pihak bank tanpa khawatir akan keamanan dananya.

 atm mandiri, perbankan, bank mandiri, nilai tukar rupiah, memblokiran atm

BACA JUGA:

OJK: Bank Syariah Hadapi Perebutan Dana Nasabah yang Ketat

Akuisisi BTN Akhirnya Selesai Dengan Bank Mandiri Sebagai Pemenangnya

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *