Teropong Bisnis | Homepage
Mengenal Lebih Dekat Bank BJB

Mengenal Lebih Dekat Bank BJB

0 Comments 🕔01.Oct 2013

Apakah Anda mengetahui Bank bjb? Bank yang biasa dikenal dengan nama Bank Jabar Banten ini mempunyai sejarah yang cukup panjang. Ingin mengetahui lebih dekat? Silakan baca sejarah bank bjb berikut ini.

Tahun 1961

Awalnya bank bjb bernama PD Bank Karya Pembangunan. Bank ini didirikan atas dasar tindak lanjut Peraturan Pemerintah nomor 33 tahun 1960 Pemerintah Propinsi Jawa Barat dan dengan Surat Keputusan Gubernur Propinsi Jawa Barat nomor 7/GKDH/BPD/61 tertanggal 20 Mei 1961 yang mengukuhkan Akta Notaris Noezar nomor 152 tanggal 21 Maret 1961 dan nomor 184 tanggal 13 Mei 1961. Peraturan pemerintah ini berisi tentang nasionalisasi perusahaan milik Belanda. Bank bjb ini awalnya adalah perusahaan Belanda yang bergerak di bidang bank hipotek di Bandung yang bernama NV Denis. Awalnya, bank ini mempunyai modal dasar sebesar Rp.2.500.000,00 yang berasal dari Kas Daerah.

Tahun 1978

Sejarah bank bjb masih berlanjut. Bank ini berubah nama menjadi Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat.Sebelumnya, kedudukan hukum Bank Karya Pembangunan Daerah berubah menjadi perusahaan yang bergerak di bidang perbankan.

Tahun 1992

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat ditingkatkan aktivitasnya pada tahun 1992 menjadi Bank Umum Devisa. Pada tahun ini bank ini juga mempunyai logo baru dengan sebutan baru “Bank Jabar”.

Tahun 1998

Bentuk hukum Bank Jabar berubah lagi menjadi Perseroan Terbatas (PT). Hal ini didasarkan atas Perda Nomor 22 Tahun 1998 dengan Akta Pendirian Nomor 4 Tanggal 8 April 1992 dan Akta Perbaikan Nomor 8 Tanggal 15 April 1999.

Tahun 2000

Tertanggal sejak 15 April 2000, Bank Jabar menjalankan dual banking system, yakni sistem syariah dan sistem konvensional. Pada tahun ini juga bank ini sekaligus menjadi Bank Pembangunan Daerah pertama di Indonesia yang memiliki dual banking system. Perluasan bentuk usaha ini dikarenakan oleh permintaan masyarakat yang menginginkan layanan perbankan dengan landasan syariah.

Tahun 2007

Sejarah bank bjb pada tahun ini adalah perubahan nama. Bank Jabar ini berubah nama menjadi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten. Hal ini atas dasar Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat tanggal 3 Juli 2007 di Bogor. Bank ini juga mempunyai sebutan baru, yaitu Bank Jabar Banten.

Tahun 2010

Akhirnya, pada tahun ini perseroan berubah nama menjadi bank bjb. Hal ini didasarkan atas Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) yang dilakukan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Nomor 26 tanggal 21 April 2010. Hal ini juga sesuai dengan Surat Bank Indonesia No.12/78/APBU/Bd tangggal 30 Juni 2010 dan Surat Keputusan Direksi Nomor 13337/SK/DIR-PPN/2010 tertanggal 5 Juli 2010.

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *