Teropong Bisnis | Homepage
MEA Sudah Dekat, Industri Asuransi Belum Siap

MEA Sudah Dekat, Industri Asuransi Belum Siap

0 Comments 🕔26.Mar 2014

Tahun ini dapat dikatakan sebagai tahun politik. Hal ini dikarenakan ada peristiwa besar di dunia politik, yaitu Pemilu. Pemilu disebut pula akan menjadi titik balik perekonomian Indonesia.

Tetapi, Pemilu tahun ini mungkin hanya awal kejadian penting dalam sejarah perekonomian Indonesia. Yang harus dicermati adalah peristiwa yang akan terjadi pada 2015. Peristiwa yang dimaksud adalah dijalankannya gagasan Masyarakat Ekonomi ASEAN atau dikenal dengan nama MEA.

MEA dapat diibaratkan sebagai globalisasi untuk ASEAN. Sehingga, negara-negara ASEAN akan mendapatkan kebebasan lebih dalam dunia bisnis. Hal ini akan mempengaruhi banyak industri di Indonesia. Salah satunya adalah industri asuransi.

Industri asuransi diprediksi akan mendapatkan dampak hebat dari MEA. Hal ini dikarenakan, akan ada banyak aspek yang butuh asuransi sebagai perlindungan. Pertanyaan pentingnya adalah, siapkan industri asuransi Indonesia menghadapi semua ini?

Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Djaelani, Indonesia belum siap. Ada banyak hal yang menjadi dasar Firdaus berkata demikian.

mea, asuransi, artikel ekonomi, dekat, industri

Yang pertama adalah tidak adanya pembicaraan mendalam mengenai hal ini. Para pelaku bisnis di industri asuransi Indonesia belum pernah mengadakan pembicaraan serius dengan regulator negara-negara lain di ASEAN. Bahkan, hingga kurang dari setahun penerapan MEA, hal ini belum dilakukan.

Selain itu, kesiapan dalam hal infrastruktur dan sarana dan prasarana di Indonesia juga belum memadai. Contohnya, ketrampilan SDM yang masih kurang, bahan baku yang juga kurang, dampak sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia, dan lainnya. Artinya, diperlukan kualitas yang lebih untuk semua aspek tersebut agar mampu bersaing dengan negara ASEAN lainnya.

Firdaus juga mengungkapkan belum ada tindakan dari OJK mengenai MEA untuk industri asuransi ini. Mereka belum menerbitkan aturan atau kebijakan yang mengatur industri ini dalam menghadapi MEA.

Firdaus menambahkan, sebenarnya untuk menyambut MEA, industri asuransi memerlukan beberapa hal. Contohnya, perlindungan konsumen yang lebih baik. Hal ini akan memperkuat pasar industri ini dan reasuransi dalam negeri. Selain itu, adanya aktuaris dan ketentuan GCG juga akan sangat membantu.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P. Roslani menambahkan bahwa ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam menyambut MEA. Hal tersebut adalah kesadaran masyarakat Indonesia. Kesadaran masyarakat Indonesia saat ini sangat kurang. Hal ini akan sangat merugikan untuk mereka, ketika aturan MEA berlaku di ASEAN.

Selain itu, kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi juga masih rendah. Hal ini pula yang menyebabkan pasar industri asuransi tidak berkembang. Oleh karena itu, sosialisasi diperlukan, agar masyarakat lebih siap untuk menghadapi MEA. Tentunya bila hal ini berhasil dilakukan, maka industri asuransi juga akan tertolong.

Pada dasarnya, yang dibutuhkan disini adalah kerjasama antara pelaku industri dan Pemerintah. Strategi yang tepat perlu diciptakan oleh pelaku industri asuransi. Sedangkan Pemerintah perlu membuat aturan untuk mendukung dunia industri.

 mea, asuransi, artikel ekonomi, dekat, industri

BACA JUGA:

Kalah Dari Filipina, Utang Baru Untuk Membayar Utang Indonesia

Laba 1 Menit Yang Sangat Menggiurkan

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *