Teropong Bisnis | Homepage
Layanan Kredit Mikro Berpotensi Mengembangkan Bisnis Para Pengusaha

Layanan Kredit Mikro Berpotensi Mengembangkan Bisnis Para Pengusaha

0 Comments 🕔13.Aug 2013

Bagi Bank Indonesia, Kredit Mikro sangat penting fungsinya untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah, atau yang biasa disebut dengan UMKM. Bantuan yang nantinya diberikan kepada pihak terkait diharapkan bisa membuat bisnis yang mereka lakukan menjadi berkembang. Hal yang serupa diungkapkan oleh Halim Alamsyah, Deputi Gubernur dari Bank Indonesia, yang mana beliau mengatakan bahwa pelaku usaha mikro di Negara Indonesia tahun ini sangat banyak jumlahnya dan ini diprediksi akan terus bertambah lagi setiap tahunnya. Maka dari itu dengan adanya bantuan kredit mikro, potensi dari bisnis tersebut akan bisa didayagunakan dengan baik. Sejatinya memang masyarakat Indonesia banyak yang memilih bisnis ini karena lebih menguntungkan dan terkadang modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Layanan-Kredit-Mikro-Berpotensi-Mengembangkan-Bisnis-Para-Pengusaha-1

Upaya Memperluas Kredit Mikro

Dalam hal ini upaya untuk memperluas jaringan kredit mikro yang akan dilakukan oleh Bank Indonesia juga akan menggunakan proses non tradisional. Pihak Bank Indonesia mengumumkan bahwa sistem pembayaran yang nantinya bisa dilakukan oleh nasabah yang menggunakan kredit mikro adalah Branchless Banking. Mungkini masih ada beberapa masyarakat yang belum mengerti mengenai ketentuan dan syarat dari penggunaan layanan tersebut, oleh karena itu diharapkan masyarakat yang masih belum mengerti tersebut segera mencari informasi langsung, bisa melalui sanak family, teman, atau langsung menunju ke bank-bank yang memberikan layanan tersebut. Upaya penggunaan kredit mikro juga diharapkan akan bisa menjadikan aktivitas bisnis yang ada di Indonesia lebih baik lagi dibandingkan dengan sebelumnya.

Aktivitas Branchless Banking dan Pengaplikasiannya

Halim juga menegaskan bahwa aktivitas branchless banking adalah upaya yang terbaik untuk mengenalkan kepada masyarakat yang belum terlibat dengan layanan keuangan ini. Dengan demikian mereka akan bisa memanfaatkannya dengan baik. Di samping itu, saat ini sudah banyak pihak yang telah melakukan branchless banking sehingga tidak perlu ada hal yang dikhawtirkan lagi. Halim juga menambahkan bahwa bank-bank yang selama ini menyediakan layanan kredit mikro telah memberikan banyak keuntungan kepada para pengusaha sehingga usaha yang mereka lakukan bisa berkembang menjadi lebih baik lagi, salah satunya adalah bank BRI.

Bank BRI juga telah lama menyediakan layanan kredit mikro kepada masyarakat. Beliau menyatakan bahwa layanan kredit mikro ini juga menyediakan jasa yang cukup baik. Terdapat juga 2 sampai 3 bank lain yang juga melakukan hal yang sama seperti bank BRI. Menurut Halim sendiri, pertumbuhan dari bank-bank yang menyediakan layanan kredit mikro ini juga cukup bagus untuk sektor UKM. Hal ini jelas dikarenakan pembiayaannya yang makin besar. Maka dari itu ada potensi yang pasti bahwa bunga yang diberikan nantinya akan bisa menurun dengan jumlah yang cukup signifikan karena adanya persaingan yang cukup banyak antara bank-bank yang ada di Indonesia ini.

Layanan-Kredit-Mikro-Berpotensi-Mengembangkan-Bisnis-Para-Pengusaha-3

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *