Teropong Bisnis | Homepage
KPPU Endus Adanya Praktek Kartel Bank

KPPU Endus Adanya Praktek Kartel Bank

0 Comments 🕔08.Jun 2014

Dunia industri perbankan Indonesia dapat dikatakan sangat berkembang dan maju saat ini. Hal ini tampak dari meningkatnya kualitas layanan yang disediakan oleh bank-bank. Selain itu, banyaknya bank-bank baru yang muncul juga menjadi salah satu tanda baiknya kondisi perbankan Indonesia.

Namun, masih saja ada berbagai masalah yang terjadi dalam dunia perbankan kita. Setelah beberapa waktu lalu, Indonesia digemparkan dengan adanya kasus Bank Century, kini ada kasus yang terbaru. Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) mengungkapkan adanya dugaan praktek kartel bank di dunia perbankan Indonesia.

Kasus praktek kartel bank ini saat ini masih diselidiki oleh pihak KPPU. Namun, menurut Wakil Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Saidah Sakwan, ada beberapa bank yang dicurigai terlibat dalam kasus ini. Proses penyelidikan KPPU akan kasus kartel bank ini masih berjalan saat ini. Dan, bila dihitung, penyelidikan ini sudah berjalan selama 1 tahun. Saidah mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan penyelidikan dan mengejar bank yang terkait dengan kasus ini.

Awal mula munculnya dugaan adanya kartel bank ini adalah ada beberapa bank yang mematok besar bunga yang tidak sesuai dengan ketentuan. Hal ini tentunya tidak hanya tidak sehat untuk keuangan bank. Namun, hal ini dapat merusak persaingan di dunia industri perbankan Indonesia.

Untuk melakukan penyelidikan ini, KPPU juga bekerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya, KPPU terus bekerjasama dengan berbagai pelaku perbankan mengenai penetapan bunga bank ini.

Kasus kartel bank ini sama seperti kasus korupsi yang banyak terjadi di negeri ini. Ada banyak orang dan kepentingan yang terlibat didalamnya.

Saidah mengungkapkan, akan sangat sulit mengungkap kasus kartel bank ini dalam waktu cepat. Hal ini dikarenakan banyak pemangku kepentingan yang diduga terlibat dalam kasus ini. Karena hal ini pula, Saidah meminta media untuk terus memantau dan bekerjasama untuk mengungkap kasus ini. Sehingga penyelidikan dan pengungkapan kasus kartel bank ini dapat berjalan dengan lancar.

Tidak dapat dipungkiri, adanya kartel bank dapat menjadi titik balik runtuhnya dunia perbankan Indonesia. Kasus ini harus diatasi sesegera mungkin, karena tahun depan, negara akan menghadapi MEA 2015. Adanya persaingan terbuka dengan bank dari negara-negara lainnya di ASEAN tentunya akan menambah beban dunia perbankan Indonesia. Bila tidak diatasi, mungkin saja, bank-bank asli Indonesia tidak dapat bersaing dan tenggelam dalam ekspansi bank-bank dari negara ASEAN lainnya.

Kita hanya dapat berharap, semoga penyelidikan kasus kartel bank ini dapat selesai dengan cepat. Dan, Pemerintahan yang baru yang akan terpilih tahun ini dapat menjadi pendukung terbaik penyelesaian kasus ini. Bila hal ini dapat dilakukan, impian setiap orang dimana Indonesia dapat pulih dari krisis tahun lalu dapat diwujudkan. Bahkan, Indonesia dapat kembali menjadi macam Asia seperti dahulu kala.

 kppu, kartel bank, perbankan, menageman keuangan, artikel ekonomi

BACA JUGA:

3 Dasar Penting yang Perlu Diperhatikan untuk Sukses Memancing Modal Bisnis

Beredar Isu Bank Tidak Sehat, OJK Langsung Membantahnya

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *