Teropong Bisnis | Homepage
Keuntungan Memiliki Deposito

Keuntungan Memiliki Deposito

0 Comments 🕔30.Apr 2013

Deposito merupakan salah satu produk bank yang serupa dengan jasa tabungan yang ditawarkan pada masyarakat. Deposito dalam istilah bank sering disebut sebagai deposito berjangka. Dana yang ditawarkan pada masyarakat ini mendapat jaminan dari pemerintah khususnya melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) namun dengan sejumlah persyaratan tertentu. Pada umumnya deposito mempunyai jangka waktu penarikan tertentu di mana customer tidak bisa mengambil depositonya sewkatu-waktu. Dengan kata lain uang atau deposito tersebut tidak boleh ditarik oleh customer.

Deposito baru bisa dicairkan oleh pihak bank  jika sudah sesuai dengan tanggal jatuh temponya. Jangka waktu jatuh tempo suatu deposito umumnya 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Jika  deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo maka customer/nasabah akan mendapatkan penalti.

Perpanjangan Deposito dengan Sistem ARO

Ternyata deposito juga bisa diperpanjang secara otomatis dengan menggunakan sistem Automatic Roll Over (ARO) dengan cara deposito diperpanjang jika tanggal jatuh temponya sudah tiba. Jadi ketika si pemilik deposito meminta pihak bank untuk tidak mencairkan depositonya akan tetapi nasabah meminta memperpanjang depositonya, maka pihak bank akan segera melakukan perpanjangan deposito sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan oleh pihak nasabah/customer. Deposito yang diperpanjang baru bisa dicairkan jika nasabah memintanya dan tetap harus sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang baru ditetapkan oleh nasabah sebelumnya.

Jenis-Jenis Deposito

Seperti halnya dengan tabungan yang memiliki bunga tabungan, pihak bank juga akan memberikan bonus berupa bunga deposito pada nasabah pemilik  deposito. Biasanya bunga deposito lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga tabungan biasa. Bunga deposito ini boleh diambil oleh nasabah pada saat tanggal jatuh tempo deposito atau juga bisa dimasukan sebagai tambahan deposito untuk didepositkan untuk jangka waktu atau periode berikutnya.

Ada dua jenis deposito yang umumnya ditawarkan oleh pihak bank pada nasabahnya, yaitu Rekening Koran/Demand Deposit dan Time Deposits. Rekening Koran/Demand Deposit di AS dibedakan menjadi lima jenis, yaitu Inter Bank Deposit, deposito pemerintah Amerika Serikat untuk bank-bank dagang, deposito negara bagian dan daerah, dan deposito pemerintah untuk  firma-firma pribadi/perusahaan yang memiliki badan hukum. Rekening Koran ini umumnya bersifat homogen .

Jenis deposit yang kedua yaitu time deposits/deposito berjangka. Berbeda dengan deposit Rekening Koran, deposito berjangka ini akan ditawarkan pada nasabah dalam berbagai bentuk. Ada tiga jenis bentuk dasar deposito tabungan dan deposito berjangka, yaitu Pas-Book/deposito tabungan dan buku kas, sertifikat deposito berjangka dan deposito berjangka plus rekening terbuka. Rekening terbuka juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu Deposit on Call dan Deposit Automatic Roll-Over. Deposit on Call merupakan jenis deposito yang bisa diambil oleh nasabah sewaktu-waktu tanpa harus menunggu tanggal jatuh tempo, sedangkan Deposit Automatic Roll-Over baru bisa diambil jika sudah tiba tanggal jatuh temponya.

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *