Teropong Bisnis | Homepage
Keunggulan Bank Swasta dalam Bunga Deposito

Keunggulan Bank Swasta dalam Bunga Deposito

0 Comments 🕔24.May 2013

Bank saat ini memang berkembang pesat karena kemampuan pengelolaan keuangan yang masih sangat rendah dalam masyarakat. Bank masih dianggap sebagai tempat terbaik untuk menyimpan uang dan mendapatkan deposito. Ada banyak jenis bank yang ada di Indonesia. Bank-bank swasta dari jenis non devisa ini banyak menemukan kendala saat mereka harus mendapatkan dana dari pihak ketiga.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Masyarakat Indonesia tentu masih percaya dengan bank-bank yang memang telah dikenal dalam waktu yang lama dan telah mempunyai nama.  Namun jika terus-menerus begini, bank-bank swasta non devisa akan terancam bangkrut karena tidak punya nasabah. Lalu apa yang akan dilakukan untuk menarik nasabah?

Daya Tarik Bank Swasta Non Devisa

Beberapa bank swasta kemudian akan mencari nasabah dengan cara mengiming-imingi nasabah dengan berbagai penawaran menarik misalnya bunga yang tinggi bagi semua nasabah yang mau menyimpan dana besar dalam waktu yang lama. Suku bunga yang ditawarkan cenderung lebih tinggi daripada suku bunga di LPS.

Seperti yang kita ketahui, LPS memberikan kisaran bunga suku penjaminan sebesar 5,75 persen namun yang banyak ditemukan di beberapa bank swasta adalah mereka menawarkan bunga deposito hingga 7 persen untuk beberapa jenis simpanan yang mempunyai jangka waktu mulai dari 6 bulan sampai dengan jangka waktu 1 tahun. Lalu bagaimana dengan bank-bank besar terutama milik BUMN?

Kondisi Bank-Bank BUMN

Bank-bank milik pemerintah tetap menawarkan bunga simpanan dengan kisaran lebih rendah dari suku bunga penjaminan LPS, yakni 5 persen saja. Namun ada beberapa bank yang menawarkan hingga kisaran 5,97 persen. Dibandingkan dengan bank-bank swasta non devisa maupun bank BUMN, terdapat salah satu jenis bank yang dianggap sangat pelit memberikan keuntungan bunga deposito. Bank asing memang telah dikenal sangat pelit saat menawarkan bunga simpanan.

Bank-bank tersebut akan menawarkan bunga dikisaran rendah yaitu sekitar 4,6 persen saja dengan jangka waktu satu bulan. Namun jika mereka sedang ada program promo untuk menarik banyak nasabah, maka bank-bank asing ini akan memberikan bunga dengan kisaran maksimal 5 persen saja. Nilai yang masih saja paling rendah dibandingkan dengan bank-bank lainnya. Lalu bank manakah yang akan Anda pilih? Setiap bank tentu menawarkan keuntungan dan juga kekurangan.

Membaca semua hal dengan detil dan berhati-hati dalam menyimpan uang akan menghindarkan Anda dari kerugian besar. Sebelum Anda memilih, Anda bisa membandingkan beberapa bank terlebih dahulu. Dengan membandingkan beberapa bank maka Anda akan mampu membandingkan bunga yang diberikan juga. Keuntungan akan lebih mungkin didapatkan dengan pemilihan yang sangat hati-hati. Jika Anda ingin mendapatkan bunga tinggi tentu pergi ke bank swasta non devisa adalah jawabannya. Namun jika Anda ingin merasakan bunga pelit dari bank, Anda bisa mencoba datang ke bank-bank asing yang ada di Indonesia.

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *