Teropong Bisnis | Homepage
Kenal Lebih Dekat dengan Bank Metro Express

Kenal Lebih Dekat dengan Bank Metro Express

0 Comments 🕔04.Dec 2013

Bank Metro Express adalah salah satu bank tertua di Indonesia. Bank ini mulai memasuki dunia perbankan Indonesia pada 8 September 1967. Akan tetapi, pada saat itu, bank ini belum menggunakan nama Bank Metro Express. Bank ini menggunakan nama PT. Central Sumatra Djawa Bank Ltd.

Mulai beroperasinya bank ini ditandai dengan ditanda tanganinya akta No. 6 tanggal 8 September 1967 dihadapan Julizar, wakil notaris di Jakarta, berkedudukan di Jakarta dan mempunyai kantor pusat di Jalan Pintu Kecil No. 10A, Jakarta Barat.

Bank ini juga mendapatkan izin operasi dari Menteri Keuangan Republik Indonesia No.D15.5.2.23 tanggal 4 April 1968. Dan dari sinilah, bank ini resmi beroperasi sebagai salah satu bank resmi di Indonesia.

Setelah 9 tahun beroperasi, tepatnya pada tanggal 1 April 1976, bank ini memindahkan Kantor Pusat  operasinya ke lokasi baru, yaitu di Jalan Kopi No. 6-8, Jakarta Barat.  Hal ini agar mempermudah menjalankan layanan perbankan.

PT. Central Sumatra Djawa Bank Ltd akhirnya berubah nama menjadi PT. Bank Metro Expres pada tahun kepindahan kantor pusatnya. Tepatnya pada tanggal 22 Juli 1976, melalui akta notaris No.93 tanggal 22 Juli 1976 yang dibuat dihadapan Didi Sudjadi, SH., Notaris di Jakarta.

Perubahan nama ini juga disetujui oleh Menteri Keuangan RI melalui surat No.037/MK.6/1977 Tanggal 10 Maret 1977.

Perubahan nama terjadi lagi pada tanggal 21 Desember 1976. Kali ini, nama baru yang didapat pada perubahan pertama, yaitu PT. Bank Metro Expres dirubah menjadi PT. Bank Metro Express. Perubahan nama ini sesuai dengan akta No.234 tanggal 21 Desember 1976 yang dibuat dihadapan Sinta Setiawaty, SH. Yang menggantikan Ariany Lemoen Redjo SH., notaris di Jakarta.

Perubahan ini juga mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan RI, melalui surat No.S372/MK.13/1992 tanggal 16 Maret 1992.

Bank ini juga menjadi “Bank Persepsi Penerimaan Setoran Pajak“, sesuai dengan surat Menteri Keuangan RI No.S-37/MK.03/1992 tanggal 6 Januari 1993.

Bank Metro Express akhirnya melakukan pemindahan Kantor Pusat untuk kedua kalinya apda tanggal 23 September 1993. Semula lokasi kantor pusat bank ini berada di Jalan Kopi No.6-8, Jakarta Barat dan dipindah ke Jalan Hayam Wuruk No. 19-20, Jakarta Pusat.

Pemindahan kantor pusat kali ini juga mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan RI dengan surat No.S-853/MK.17/1993 tanggal 28 Juni 1993.

Bank Metro Express berubah menjadi Bank Devisa pada tanggal 22 Maret 1995 melalui Surat Keputusan Direksi Bank IndonesiaNo.27/155/Kep/Dir tanggal 22 Maret 1995.

Bank ini mempunyai moto “Kunci Sukses Bersama” dengan aktivitas utama yaitu menjadi penghimpun dana (funding) dan menyalurkannya kembali ke masyarakat (lending). Untuk itu, bank ini menawarkan beberapa produk perbankan, seperti Giro, Deposito Berjangka dan Tabungan Pelajar, Tabungan Metro, Tabungan Metro Plus.

Ada juga produk lending, berupa Pinjaman Rekening Koran (PRK), Kredit Aksep, Fixed Loan Menurun, Bank Garansi dan L/C.

 

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *