Teropong Bisnis | Homepage
Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

0 Comments 🕔18.Mar 2016

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal ini mulai dilakukannya pada hari rabu (waktu setempat) atau hari kami (dini hari dalam hitungan WIB). Dengan suku bunga yang meningkat pada saat ini menunjukkan bahwa pertumbuhan moderat dari perekonomian negeri paman sam mulai meningkat. Dengan adanya pertumbuhan tersebut, maka jumlah pekerjaan juga akan mendorong untuk melahirkan suatu kebijakan yang semakin ketat di tahun ini.

Hal ini juga menunjukkan proyeksi terbaru yang menyatakan bahwa para penentu kebijakan yang terdapat di Fed tengah diekspektasi untuk melakukan dua bentuk kenaikan suku bunga di akhir tahun ini atau bulan desember mendatang. Bahkan Bank Sentral Amerika Serikat itu sendiri mulai memberikan catatan yang berisi bahwa tingkat perekonomian yang terdapat di amerika akan terus menghadapi berbagai macam resiko dari tingkat perekonomian global yang masih tidak pasti.

Banyak diantaranya indikator yang jadi alasan dari hal tersebut, seperti menguatnya pertambahan pekerjaan  yang juga membuat point dari penguatan pasar pekerja semakin meningkat pula. Selain itu inflasi juga mulai naik dalam waktu beberapa bulan ini. Demikianlah beberapa hal yang sempat diungkapkan oleh pihak Fed. Sementara itu, dalam sebuah statemen yang menyatakan bahwa mereka akan mempertahankan target overnight lending rate dengan jumlah 0,25% justru mengalami perubahan hingga mencapai 0,50%.

Selain ungkapan tersebut Fed juga sempat menyatakan pendapatnya yang berkaitan dengan tingkat perkembangan  dari perekonomian global. Menurut pihak Fed, meskipun perkembangan pada tingkat perekonomian serta keuangan global terus tumbuh dan berkembang, hal ini juga tidak akan lepas dari berbagai macam bentuk resiko. Seperti halnya resiko untuk menghadapi rendahnya tingkat inflasi yang akan terus berlanjut hingga tahun 2016 ini.

Dengan tingkat inflasi yang tentunya semakin rendah, Fed juga mulai memperhatikan hal lainnya yang masih berkaitan dengan bagian tersebut. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Ketua Fed, yaitu Janet Yellen. Beliau sempat menyatakan tentang pendapatnya, bahwa pembentuk inflasi yang saat ini tengah terjadi di kawasan Amerika  Serikat merupakan bentuk volatilitas dari sektor energi serta berbagai macam bentuk komponen makanan  lainnya yang tentu saja akan mengalami kelanjutan.

Sementara itu, untuk pembuatan kebijakan yang dilakukan oleh Fed justru menghasilkan proyeksi akan pertumbuhan perekonomian Amerika Serikat yang menyatakan akan mengalami perlemahan, serta bentuk inflasi yang juga menurun semakin rendah di tahun yang satu ini. Selain itu, mereka juga sempat menyatakan adanya estimasi lending rate yang dinyatakan akan berjalan dalam hitungan 3.40% hingga 3,50%. Hal ini tentu saja dapat dijadikan pertanda atau pun sinyal dari Fed bahwa perbaikan tingkat perekonomian masih sangat tipis untuk dilakukan. Itulah sebabnya mengapa kenaikan suku bunga yang terjadi saat ini mampu membuat Fed memperhatikannya dengan lebih teliti.

Kenaikan Suku Bunga

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

3 Poin Terpeting untuk Mewariskan Investasi Reksadana Anda

3 Poin Terpeting untuk Mewariskan Investasi Reksadana Anda 0

Investasi reksadana mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Investasi ini biasanya digunakan sebagai investasi jangka

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *