Teropong Bisnis | Homepage
Keamanan pada Mesin ATM

Keamanan pada Mesin ATM

0 Comments 🕔26.Jul 2013

Perbankan di Indonesia sering mengalami masalah. Tentu saja, hal ini sangat mungkin terjadi, terutama di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia ini. Salah satunya adalah pengaplikasian teknologi pada sistem perbankan. Teknologi sebetulnya bisa mempermudah beragam aktivitas perbankan, termasuk dalam mesin ATM untuk melakukan transaksi perbankan.

Mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri memang sudah sangat lumrah saat ini, bahkan di hampir setiap pusat kegiatan seperti pusat perbelanjaan pasti tersedia beragam jenis ATM untuk beragam bank. Mesin ATM juga dilengkapi dengan teknologi yang cukup dapat diandalkan demi keamanan dan kemudahan bertransaksi.

Keamanan-pada-Mesin-ATM-1

Tapi, meskipun dilengkapi dengan sistem pengamanan yang cukup, selalu saja ada celah bagi pelaku kejahatan dan kecurangan saat bertransaksi dengan mesin ATM ini. Ada beragam kasus yang terjadi atas kejahatan dan kecurangan penggunaan mesin ATM ini, baik itu yang merugikan pihak nasabah maupun pihak bank.

Kurang Sempurnanya Sistem Mesin ATM

Baru-baru ini ada kasus baru yang mencuat tentang kejahatan pada mesin ATM, yaitu kejahatan pembobolan uang di mesin ATM dengan cara memutus aliran listriknya. Kasus ini cukup terbilang unik, karena entah dari mana para pelaku memperoleh ide membobol uang ATM dengan cara ini. Meskipun demikian, para tersangka sudah berhasil ditangkap.

Modus yang mereka lakukan ialah dengan melakukan penarikan tunai di ATM namun tanpa perlu mengurangi saldo dari rekening mereka. Caranya dengan mematikan aliran listrik. Kasus ini masih dalam penyelidikan, karena modus ini dianggap masih baru.

Mungkin saja kejadian ini terjadi, karena mungkin secara kebetulan nasabah juga pernah mengalaminya tanpa sengaja. Biasanya nasabah akan diuntungkan. Kalau nasabah diuntungkan, mereka biasanya juga tidak akan melakukan pengaduan, kecuali jika mereka merasa dirugikan. Salah satu contohnya ketika nasabah menemukan saldonya berkurang padahal dia merasa tak melakukan penarikan dan transaksi.

Keamanan Mesin ATM

Sebetulnya keamanan mesin ATM sudah dibuat aman sedemikian rupa dengan sistem yang dapat diandalkan. Pihak bank juga tentunya sangat terkejut dengan ditemukannya kasus ini. Awalnya kasus ini pun mencuat karena adanya selisih yang cukup signifikan antara data pada sistem dan juga jumlah uang yang keluar dari mesin ATM. Dengan adanya kasus ini, pihak bank mulai mengevaluasi adanya kemungkinan modus ini.

Dari pihak Bank Permata dan BRI untuk kawasan Surabaya serta Jawa Timur pun sudah mengklaim bahwa mesin ATM kawasan tersebut aman. Setidaknya, mereka tak menemukan adanya selisih antara uang yang keluar dari mesin ATM dengan sistemnya. Mereka mengatakan kalau sistem pada jaringan mesin ATM mereka berjalan dengan bagus.

Mesin ATM yang ada di kawasan mereka, yaitu di kawasan Surabaya dan Jawa Timur, dilengkapi dengan sensor keamanan. Jadi setelah uang keluar setengah bagian saja, saldo otomatis langsung terpotong meskipun uang belum diambil dari tempat keluarnya uang di mesin ATM itu.

Keamanan-pada Mesin-ATM-3

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *