Teropong Bisnis | Homepage
Kartu Kredit Mendominasi Dalam Aduan Masyarakat Ke BI

Kartu Kredit Mendominasi Dalam Aduan Masyarakat Ke BI

0 Comments 🕔23.Feb 2014

Kartu kredit menyediakan sistem pembayaran yang mudah dan aman. Hal ini mungkin juga Anda setujui, apalagi bila Anda sering bepergian ke luar negeri atau berbelanja online. Tetapi, dibalik kemudahan dan keamanan yang ditawarkan kartu kredit, sudah menjadi rahasia umum, bila ada beberapa masalah yang dihadapi pemegang kartu kredit.

Banyaknya masalah pada kartu kredit dapat di lihat dari laporan masyarakat mengenai kartu kredit kepada Bank Indonesia (BI). Banyak masyarakat yang melaporkan hal yang sama, seperti sistem pembayaran dan masalah debt collector.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BU Rosmaya Hadi juga mengakui hal ini. Menurutnya, banyak nasabah bank pemegang kartu kredit yang mengeluhkan sistem pembayaran kartu kredit yang diterapkan oleh bank.

Salah satu masalah kartu kredit yang banyak diadukan adalah sistem perhitungan bunga. Banyak bank yang menggabungkan bunga tagihan sebelumnya dengan bunga kredit selanjutnya. Hal ini membuat bunga kartu kredit seperti berbunga juga. Menurut Rosmaya, hal ini tidak dibenarkan dan sudah ada aturan yang melarangnya.

Bila dilihat dari kebijakan BI yang menaikkan suku bunga acuan akhir tahun lalu menjadi 7,5%, maka dapat diprediksi, kejadian ini sulit dihilangkan dalam dunia perbankan. Banyak bank akan melakukan hal ini, untuk menekan biaya kartu kredit mereka. Di lain sisi, mereka juga ingin mempertahankan bunga yang rendah untuk menarik pelanggan.

Selain bunga kartu kredit, masalah lain yang sering dikeluhkan oleh pemegang kartu kredit adalah debt collector. Hal ini juga banyak dilaporkan kepada BI.

kartu kredit, bank indonesia, layanan bank, perbankan

Seperti yang semua orang tahu, banyak masalah yang ditimbulkan akibat penyerahan penagihan tagihan kartu kredit kepada pihak ketiga. Banyak bank yang melakukan hal ini, karena mereka ingin mendapatkan tagihan secara cepat.

Biasanya, pihak ketiga ini membayarkan uang kepada bank sejumlah tagihan yang dimilik bank kepada pemegang kartu kredit. Dan, pihak ketiga ini menggunakan jasa debt collector untuk menagih uang yang telah mereka bayarkan kepada bank kepada pemegang kartu kredit.

Masalah yang diadukan masyarakat mengenai debt collector ini bukan hanya tentang cara penagihannya yang tidak sesuai, seperti menagih dengan cara mengintimidasi. Banyak juga laporan yang datang karena waktu penagihan yang tidak tepat. Padahal, menurut Rosmaya, aturan waktu penagihan ini sudah diatur oleh BI, yaitu dilarang menagih diatas jam 8 malam.

Sudah banyak upaya yang dilakukan BI untuk mengatasi masalah-masalah diatas. BI mengkonformasi ke pihak bank, menganalisis tanggapan mereka dan mempertemukan bank dan nasabah untuk menyelesaikan masalah.

Saat ini, pengaduan sistem pembayaran dari masyarakat yang diterima BI terbagi menjadi beberapa masalah. 86% aduan terkait kartu kredit, 4% kartu ATM, 4% transfer dana, 2% padagang valuta asing, 2% Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System, 1 %Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan sisanya aduan lainya.

kartu kredit, bank indonesia, layanan bank, perbankan

BACA JUGA:

Layanan Kartu Kredit Mandiri Hypermart Untuk Pecinta Traveling

BNI dan JCB Kompak Untuk Kartu Kredit Terbaik

 

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan?

Benarkah Reksa Dana dapat Mengalami Kebangkrutan? 0

Sebuah pesta yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia tanggal 27 hingga 30 bulan Januari kemarin

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan

Inti Terpenting dalam Investasi Saham yang Menguntungkan 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling beresiko. Akan tetapi, investasi ini juga produk investasi yang menjanjikan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *